Kompas.com - 18/05/2021, 20:08 WIB
Pengunjung menaiki wahana di Dufan, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Kamis (29/10/2020). Liburan panjang dimanfaatkan warga untuk berwisata ke tempat wisata pantai tersebut, jumlah pengunjung tercatat mencapai sekitar 22.000 pada pukul 15.00. Kuota pengunjung dibatasi 25 persen dari kapasitas maksimal atau 25.000 orang pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ini. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPengunjung menaiki wahana di Dufan, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Kamis (29/10/2020). Liburan panjang dimanfaatkan warga untuk berwisata ke tempat wisata pantai tersebut, jumlah pengunjung tercatat mencapai sekitar 22.000 pada pukul 15.00. Kuota pengunjung dibatasi 25 persen dari kapasitas maksimal atau 25.000 orang pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ini.

KOMPAS.comTaman Impian Jaya Ancol memutuskan untuk membuka kembali kawasan wisatanya pada Selasa (18/5/2021).

Mengutip situs resminya, Selasa, Manajemen Ancol membukanya kembali dengan protokol kesehatan yang ditingkatkan dan diterapkan dengan lebih baik.

“Sejumlah peningkatan fasilitas, sarana dan prasarana dipersiapkan dengan matang agar penerapan protokol kesehatan dapat dilaksanakan secara disiplin selama berekreasi di Ancol,” seperti yang tertera dalam keterangan pers di laman tersebut.

Baca juga: Dufan Buka, Ini 20 Wahana yang Beroperasi

Dalam peningkatan protokol kesehatan yang telah diterapkan, pihak tempat wisata juga menambah satuan tugas yang mengawasi para wisatawan.

Tidak hanya itu, mereka juga mengarahkan kepatuhan pengunjung dalam pelaksanaan penerapan protokol kesehatan di areal rekreasi.

Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali, berharap agar wisatawan dapat menjalankan protokol kesehatan secara disiplin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengunjung menaiki wahana di Dufan, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Kamis (29/10/2020). Liburan panjang dimanfaatkan warga untuk berwisata ke tempat wisata pantai tersebut, jumlah pengunjung tercatat mencapai sekitar 22.000 pada pukul 15.00. Kuota pengunjung dibatasi 25 persen dari kapasitas maksimal atau 25.000 orang pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ini.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung menaiki wahana di Dufan, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Kamis (29/10/2020). Liburan panjang dimanfaatkan warga untuk berwisata ke tempat wisata pantai tersebut, jumlah pengunjung tercatat mencapai sekitar 22.000 pada pukul 15.00. Kuota pengunjung dibatasi 25 persen dari kapasitas maksimal atau 25.000 orang pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ini.

“Sebab dukungan dan partisipasi dari seluruh pengunjung sangat kami harapkan agar seluruh protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik,” ujar dia.

Selama berlibur di Ancol, wisatawan sudah bisa mengunjungi Dufan, Sea World, Ocean Dream Samudra, dan Allianz Ecopark.

Baca juga: 5 Tips Berkunjung ke Ancol Saat Libur Lebaran

Kendati demikian, wahana permainan air Atlantis Water Adventures belum dioperasikan hingga informasi lebih lanjut.

Protokol kesehatan di Ancol yang harus dipatuhi

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut peningkatan dan penerapan protokol kesehatan di kawasan wisata Ancol:

  • Pembelian tiket tetap dilakukan secara daring lewat www.ancol.com
  • Pemeriksaan suhu tubuh tetap dilakukan di seluruh unit rekreasi
  • Wajib menggunakan masker. Jika melanggar, Tim Satgas Covid-19 Anol bersama kepolisian, TNI, dan Satpol PP akan menegur dan memberikan sanksi
  • Wajib menjaga kebersihan tangan dengan membawa hand sanitizer, dan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan
  • Aktivitas berenang di kawasan pantai tidak diizinkan
  • Memberi pagar untuk memasuki kawasan pantai, dan akan dilakukan penghitungan jumlah sesuai dengan kapasitas areal
  • Tidak mengizinkan adanya kerumunan, dan menyediakan kotak pembatas jarak untuk areal duduk di pantai yang diizinkan untuk diisi oleh pengunjung
  • Terus memberi imbauan penerapan protokol kesehatan lewat pengeras suara area, serta papan informasi di sepanjang pantai

Kawasan wisata Ancol sempat ditutup

Sebelumnya, Taman Impian Jaya Ancol menutup kegiatan operasionalnya pada Sabtu (15/5/2021) untuk memperkuat protokol kesehatan.

Pengunjung menikmati wahana di Dufan, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Kamis (29/10/2020). Liburan panjang dimanfaatkan warga untuk berwisata ke tempat wisata pantai tersebut, jumlah pengunjung tercatat mencapai sekitar 22.000 pada pukul 15.00. Kuota pengunjung dibatasi 25 persen dari kapasitas maksimal atau 25.000 orang pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ini.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung menikmati wahana di Dufan, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Kamis (29/10/2020). Liburan panjang dimanfaatkan warga untuk berwisata ke tempat wisata pantai tersebut, jumlah pengunjung tercatat mencapai sekitar 22.000 pada pukul 15.00. Kuota pengunjung dibatasi 25 persen dari kapasitas maksimal atau 25.000 orang pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi ini.

Dalam pemberitaan Kompas.com, Sabtu, Sahir menjelaskan bahwa penutupan dilakukan guna mendisinfeksi seluruh area dan melakukan evaluasi penguatan penerapan protokol kesehatan di seluruh kawasan.

Meski begitu, tempat wisata tersebut sempat buka pada saat Idul Fitri, tepatnya pada Rabu (12/5/2021).

Baca juga: Cara Menuju Ancol, Panduan Lengkap Rute Transportasi Umum ke Ancol

Pada Sabtu, meski dikatakan bahwa Ancol akan ditutup untuk sementara waktu pada saat itu, namun pihak tempat wisata akhirnya memutuskan untuk memperpanjang penutupan kawasan wisata.

“Maka dengan observasi, pertimbangan, dan masukan dari berbagai pihak maka penutupan kawasan Ancol diperpanjang pada 15-17 Mei 2021,” kata Sahir, mengutip Kompas.com, Sabtu.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.