Kompas.com - 19/05/2021, 20:35 WIB
Monet's Garden di Prancis Dok. UNSPLASH.comMonet's Garden di Prancis

KOMPAS.com - Setelah ditutup lebih dari enam bulan, akhirnya taman Claude Monet (Claude Monet's garden) di Giverny, Perancis, dibuka kembali pada hari Rabu (19/5/2021).

Melansir dari Apnews.com, di taman tersebut terlihat pemandangan para tukang kebun yang sedang merawat dan menata kembali taman bunga yang diabadikan di banyak mahakarya dari pelukis impresionis ternama Prancis, Claude Monet.

Baca juga: Disneyland Paris Tunda Pembukaan Dua Bulan akibat Lonjakan Covid-19

Para tukang kebun pun dengan cepat menyiangi, memotong, menyapu, dan menanam kembali bunga-bunga dan tanaman guna membuat taman tersebut terlihat sempurna.

Taman itu kini dipenuhi dengan teratai, tulip bergaris merah muda dan putih, peony, dan jenis bunga lainnya yang membuat tempat ini terlihat hidup.

Baca juga: Perancis Lockdown Lagi, Disneyland Paris Kembali Tutup

Pada tahun 2019, sebelum pandemi, 717.000 pengunjung berdatangan ke Giverny selama tujuh bulan mulai dari 1 April. Separuh pengunjung berasal dari luar negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Monet's GardenDok. UNSPLASH.com Monet's Garden

Namun, saat pandemi Covid-19 melanda negara tersebut dan memberlakukan aturan lockdown, maka taman itu pun ditutup sementara.

Para tukang kebun merasa frustrasi karena mereka tidak bisa berbagi hasil karyanya. Ibarat pertunjukan teater yang tidak pernah dilihat dan simfoni yang tidak terdengar.

Baca juga: Perancis, Negara Pertama di Eropa yang Luncurkan Paspor Kesehatan Digital untuk Perjalanan

“Ini membuat frustrasi karena taman ini memiliki arti tersendiri jika kita memperlihatkannya (pada pengunjung),” kata salah satu tukang kebun di taman tersebut bernama Claire-Hélène Marron.

“Kami berusaha keras untuk membuatnya menjadi spektakuler dan mencoba untuk menciptakan kembali lukisan impresionis," tambah dia.

Baca juga: Perancis Akan Sambut Turis Asing yang Sudah Vaksinasi Covid-19

Kemegahan rumah dan taman Monet sirna sementara akibat pandemi virus Covid-19 yang menyebabkan kematian lebih dari 107.000 orang di Perancis.

Melansir dari Abcnews.go.com, meski sudah dibuka kembali, mulai hari Rabu, Giverny hanya diperbolehkan menyambut 200 pengunjung ke rumah dan kebun per jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.