Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Monet di Perancis Dibuka Kembali untuk Para Wisatawan

Kompas.com - 19/05/2021, 20:35 WIB
Desy Kristi Yanti,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah ditutup lebih dari enam bulan, akhirnya taman Claude Monet (Claude Monet's garden) di Giverny, Perancis, dibuka kembali pada hari Rabu (19/5/2021).

Melansir dari Apnews.com, di taman tersebut terlihat pemandangan para tukang kebun yang sedang merawat dan menata kembali taman bunga yang diabadikan di banyak mahakarya dari pelukis impresionis ternama Prancis, Claude Monet.

Baca juga: Disneyland Paris Tunda Pembukaan Dua Bulan akibat Lonjakan Covid-19

Para tukang kebun pun dengan cepat menyiangi, memotong, menyapu, dan menanam kembali bunga-bunga dan tanaman guna membuat taman tersebut terlihat sempurna.

Taman itu kini dipenuhi dengan teratai, tulip bergaris merah muda dan putih, peony, dan jenis bunga lainnya yang membuat tempat ini terlihat hidup.

Baca juga: Perancis Lockdown Lagi, Disneyland Paris Kembali Tutup

Pada tahun 2019, sebelum pandemi, 717.000 pengunjung berdatangan ke Giverny selama tujuh bulan mulai dari 1 April. Separuh pengunjung berasal dari luar negeri.

Monet's GardenDok. UNSPLASH.com Monet's Garden

Namun, saat pandemi Covid-19 melanda negara tersebut dan memberlakukan aturan lockdown, maka taman itu pun ditutup sementara.

Para tukang kebun merasa frustrasi karena mereka tidak bisa berbagi hasil karyanya. Ibarat pertunjukan teater yang tidak pernah dilihat dan simfoni yang tidak terdengar.

Baca juga: Perancis, Negara Pertama di Eropa yang Luncurkan Paspor Kesehatan Digital untuk Perjalanan

“Ini membuat frustrasi karena taman ini memiliki arti tersendiri jika kita memperlihatkannya (pada pengunjung),” kata salah satu tukang kebun di taman tersebut bernama Claire-Hélène Marron.

“Kami berusaha keras untuk membuatnya menjadi spektakuler dan mencoba untuk menciptakan kembali lukisan impresionis," tambah dia.

Baca juga: Perancis Akan Sambut Turis Asing yang Sudah Vaksinasi Covid-19

Kemegahan rumah dan taman Monet sirna sementara akibat pandemi virus Covid-19 yang menyebabkan kematian lebih dari 107.000 orang di Perancis.

Melansir dari Abcnews.go.com, meski sudah dibuka kembali, mulai hari Rabu, Giverny hanya diperbolehkan menyambut 200 pengunjung ke rumah dan kebun per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com