Kompas.com - 20/05/2021, 13:06 WIB
Ilustrasi Inggris - Pemandangan Big Ben dan Westminster Bridge di London (dok. https://www.freepik.com/vwalakte | Prochasson Frederic). dok. https://www.freepik.com/vwalakte | Prochasson FredericIlustrasi Inggris - Pemandangan Big Ben dan Westminster Bridge di London (dok. https://www.freepik.com/vwalakte | Prochasson Frederic).

 

KOMPAS.comInggris Raya telah meluncurkan paspor vaksin, atau sertifikat kesehatan digital, melalui aplikasi National Health Service (NHS) yang fiturnya telah diperluas.

Melansir Lonely Planet, Rabu (19/5/2021), peluncuran dilakukan meski rencana untuk sertifikat digital yang melacak tes dan vaksinasi Covid-19 warga Uni Eropa (UE) masih diajukan ke Parlemen Eropa.

Baca juga: 10 Lokasi Syuting The Crown untuk Rekomendasi Liburan di Inggris

Hal ini lantaran Inggris Raya sudah tidak lagi menjadi bagian dari UE. Terkait NHS, sebelumnya aplikasi tersebut hanya digunakan untuk membuat janji pertemuan medis dan memesan resep obat.

Saat ini, aplikasi tersebut telah dikembangkan untuk menunjukkan status pengujian dan vaksinasi pemegang aplikasi.

Perjalanan internasional untuk wisata sudah dilakukan

Saat ini, perjalanan internasional untuk kegiatan wisata sudah resmi kembali di Inggris, Skotlandia, dan Wales.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemerintah Inggris telah bekerja sama dengan para mitra di seluruh dunia untuk memastikan, sistem mereka dapat dikenali secara internasional.

Baca juga: Rencana 4 Tahap Inggris Raya untuk Lanjutkan Perjalanan Internasional

Para pelancong harus mengunduh NHS sebelum memesan perjalanan apapun. Jika mereka tidak memiliki ponsel, namun negara tujuan mewajibkan mereka divaksinasi, mereka dapat mengontak 119 untuk menerima surat status vaksinasi.

Ilustrasi SkotlandiaSHUTTERSTOCK Ilustrasi Skotlandia

Namun, surat hanya dapat diterima dengan syarat-syarat tertentu, termasuk jika mereka melakukan perjalanan dalam empat minggu ke depan ke negara yang mewajibkan vaksinasi.

Rencana UE luncurkan paspor vaksin pada musim panas 2021

UE berencana untuk meluncurkan paspor digitalnya pada musim panas ini. Paspor tersebut akan memberitahu apakah pemegangnya telah divaksinasi Covid-19, atau telah dites negatif Covid-19.

Selain itu, paspor juga akan memberi informasi tentang pemulihan bagi mereka yang telah terkena Covid-19.

Baca juga: Perusahaan Taksi di Skotlandia Tawarkan Tur Pokemon Go

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.