Kompas.com - 20/05/2021, 15:38 WIB
Pulau Peucang di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten Shutterstock/krisbiantoandyPulau Peucang di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten

KOMPAS.com - Wisata alam Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten secara resmi ditutup kembali bagi para wisatawan untuk sementara waktu.

Penutupan tersebut diberlakukan mulai dari 17 sampai 30 Mei 2021.

"Kita mengikuti instruksi Gubernur dan SE Bupati tertanggal 16 Mei kemarin," ujar Humas Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTN-UK), Andri Firmansyah seperti dilansir dari Antaranews.com, pada Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Wisatawan Wajib Bawa Hasil Rapid Test Saat ke TN Ujung Kulon

Ia menegaskan pihaknya akan mengikuti setiap kebijakan serta instruksi yang diambil pemerintah terkait upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di objek wisata.

"Kalau dicabut sebelum tanggal 30 Mei, ya kita akan ikuti. Kalau sampai tanggal 30 Mei, kita tetap mengikuti. Jadi apapun dan seperti apa hasilnya, kita tetap akan mengikuti apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah," tutur Andri.

Perjalanan menyusuri Sungai Cigenter, Taman Nasional Ujung Kulon. Perjalanan menyusuri Sungai Cigenter, Taman Nasional Ujung Kulon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melalui akun Instagram resminya, BTN-UK mengunggah Surat Edaran tentang ditutupnya objek wisata alam di Kawasan Konservasi Taman Nasional Ujung Kulon, Pandeglang, Banten, tertanggal 26 April 2021.

Adapun, Penutupan itu berdasarkan Surat Edaran dengan nomor SE.04/T.12/TU/P3/5/2021, tentang Penutupan Sementara Objek Wisata Alam di Kawasan Konservasi Taman Nasional Ujung Kulon Pandeglang Provinsi Banten.

Baca juga: TN Ujung Kulon Dibuka, Jangan Sampai Jadi Risiko Baru Penyebaran Covid-19

Dalam Surat Edaran yang ditandatangani oleh Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Anggodo, tertulis bahwa keputusan penutupan sementara kawasan Konservasi Taman Nasional Ujung Kulon merupakan tindak lanjut dari dua instruksi, yakni:

  1. Instruksi Gubernur Provinsi Banten Nomor : 556/901-Dispar/2021 tanggal 15 Mei 2021 tentang Penutupan Sementara Destinasi Wisata Dampak Libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021 di Provinsi Banten.
  2. Instruksi Bupati Pandeglang Nomor : 556/938-Dispar/2021 tanggal 16 Mei 2021 tentang Penutupan Sementara Destinasi Wisata Dampak Libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021 di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Taman Nasional Ujung Kulon yang Bisa Dikunjungi

Selain itu, penutupan juga dilakukan dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 sebagai dampak antusiasme masyarakat yang berkunjung ke objek wisata.

Seluruh tempat wisata di Banten ditutup hingga 30 Mei

Seperti diberitakan oleh Kompas.com, Gubernur Banten Wahidin Halim memutuskan untuk menutup sementara seluruh obyek wisata di Provinsi Banten mulai Sabtu (15/5/2021) hingga 30 Mei 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.