Kompas.com - 20/05/2021, 16:31 WIB
Salah satu pantai di Jimbaran di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. UNSPLASH/MaxSalah satu pantai di Jimbaran di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

KOMPAS.com – Belakangan ini, tren digital nomad semakin naik daun lantaran semakin banyak orang yang bekerja dari rumah atau lokasi lainnya selain di kantor.

Mengutip Kompas.com, Selasa (30/3/2021), digital nomad adalah seseorang yang bekerja tanpa terikat waktu dan tempat.

Baca juga: 10 Kota Paling Murah untuk Hidup sebagai Digital Nomad

Mengacu pada hal tersebut, Club Med melalui situs resminya menciptakan daftar tempat terbaik di seluruh dunia bagi para digital nomad.

Adapun, data dikumpulkan dan dinilai dengan meningkatnya permintaan akan gaya hidup nomaden. Dalam studi ini, Club Med melihat biaya hidup dan keamanan di setiap negara.

Faktor lain yang dilihat dalam studi tersebut adalah kecepatan internet rata-rata, keberadaan tempat alam dan kebugaran, serta jumlah aktivitas santai dan petualangan yang ada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi Thailand - Karon Temple di Phuket.SHUTTERSTOCK / S-F Ilustrasi Thailand - Karon Temple di Phuket.

15 tempat terbaik di dunia untuk digital nomad

Tempat yang berhasil menyabet peringkat pertama dalam daftar 15 tempat terbaik di dunia untuk digital nomad adalah Phuket, Thailand.

Studi Club Med menemukan, Phuket mendapatkan nilai tinggi dalam hal keamanan dan kecepatan internet.

Selama berada di sana, wisatawan dapat bekerja sambil menikmati 251 pengalaman bersantai di daerah sekiarnya. Bahkan, Phuket menawarkan 750 aktivitas petualangan untuk dijelajahi.

Baca juga: Adanya Vaksinasi, Phuket Tetap Sambut Turis Asing pada 1 Juli 2021

Selanjutnya, peringkat kedua diduduki oleh Ho Chi Minh di Vietnam. Kota dengan suhu 34 derajat celsius tersebut menawarkan suasana energik dan biaya hidup yang rendah sebesar 716 pound sterling (atau sekitar Rp 14.550.600) per bulan.

Kota ini selalu ramai dengan pedagang kaki lima, pasar, serta seni dan hiburan tradisional khas Vietnam seperti pertunjukan boneka kayu kuno yang usianya sudah berabad-abad. 

Tampak pemandangan Kota Ho Chi Minh, Vietnam.Tonkinphotography/Shutterstock Tampak pemandangan Kota Ho Chi Minh, Vietnam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.