Kompas.com - 20/05/2021, 19:04 WIB
Sheikh Zayed Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. SHUTTERSTOCK/LUCIANO MORTULA-LGMSheikh Zayed Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

KOMPAS.comAbu Dhabi di Uni Emirat Arab (UEA) akan mencabut protokol wajib karantina bagi pelancong internasional mulai 1 Juli 2021.

Melansir Travel and Leisure, Selasa (18/5/2021), Department of Culture & Tourism (DCT) Abu Dhabi menuturkan, sebentar lagi para wisatawan tersebut tidak perlu dikarantina setibanya di sana.

Baca juga: Uni Emirat Arab Catat Okupansi Hotel Tertinggi Kedua di Dunia 2020

Saat ini, para pelancong yang memasuki Abu Dhabi harus dites sebelum keberangkatan, dites saat kedatangan, dan isolasi mandiri selama sepuluh hari—kecuali jika mereka tiba dari negara “hijau” menurut pemerintah. 

Protokol-protokol baru akan membuat Abu Dhabi lebih selaras dengan Dubai. Adapun, protokol tersebut mewajibkan wisatawan internasional untuk dites negatif Covid-19 namun tidak memiliki masa karantina wajib.

“Ini akan mirip dengan sistem Dubai. Protokol PCR akan berbeda dari destinasi berisiko tinggi hingga berisiko rendah,” kata Executive Director of Tourism and Marketing DCT Abu Dhabi, Ali Al Shaiba, mengutip Travel and Leisure dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Syarat Wisata ke Abu Dhabi Saat Pandemi, Wajib Pakai Gelang Elektronik

“Karantina tidak akan menjadi pilihan. Kami mengumumkan perpanjangan daftar hijau. Daftar tersebut akan mencakup sebagian besar pasar yang kami tuju,” sambung dia.

Lebih lanjut, Abu Dhabi akan "meningkatkan" perbatasannya dengan Dubai melalui prosedur khusus bagi wisatawan untuk mempermudah perjalanan antara kedua daerah tersebut.

Dilonggarkannya pembatasan terjadi karena UEA telah memberikan dosis vaksin Covid-19 yang cukup untuk memvaksinasi sekitar 58,8 persen populasinya. Menurut Reuters, persentase tersebut berdasarkan asumsi setiap orang membutuhkan dua dosis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.