Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun Cikampek Kini Layani GeNose untuk Penumpang KA Jarak Jauh

Kompas.com - 21/05/2021, 09:42 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mulai Jumat (21/5/2021), Stasiun Cikampek melayani layanan tes GeNose seharga Rp 30.000 guna mengakomodasi kebutuhan perjalanan pengguna Kereta Api (KA) Jarak Jauh.

Berdasarkan keterangan pers yang Kompas.com terima, Jumat, PT KAI Daop 1 Jakarta telah menyiapkan perangkat alat tes GeNose, dua bilik pengambilan sampel napas, dan perangkat komputer.

Ada juga ruang tunggu dan print bagi analisis dan media (LCD, poster) sebagai alat sosialisasi cara melakukan GeNose.

Baca juga: Penumpang Bisa Pilih antara GeNose Test, Rapid Test Antigen, atau RT-PCR untuk Syarat Naik Kereta Api

Sebelum melakukan GeNose, calon penumpang KA Jarak Jauh dilarang makan atau minum dan merokok 30 menit sebelum tes.

Lebih lanjut, calon penumpang harus memiliki tiket KA atau kode pemesanan yang telah terbayar lunas sebelum melakukan tes.

Calon penumpang melakukan tes Antigen atau GeNose di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (3/5/2021). Per 1 Mei 2021, tercatat sudah ada lebih dari 6.000 calon penumpang yang akan diberangkatkan dengan keberangkatan didominasi oleh penumpang ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur khususnya Malang dan Surabaya.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Calon penumpang melakukan tes Antigen atau GeNose di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (3/5/2021). Per 1 Mei 2021, tercatat sudah ada lebih dari 6.000 calon penumpang yang akan diberangkatkan dengan keberangkatan didominasi oleh penumpang ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur khususnya Malang dan Surabaya.

Jika ingin menggunakan layanan GeNose di Stasiun Cikampek, PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau calon penumpang KA Jarak Jauh untuk melakukannya sehari sebelum jadwal keberangkatan.

Saat ini, masa berlaku hasil negatif tes PCR, rapid antigen, dan GeNose adalah maksimal 1x24 jam. Untuk area Daop 1 Jakarta, terdapat empat stasiun dengan layanan GeNose.

Baca juga: Libur Lebaran Usai, Ini Syarat Terbaru Naik KA Jarak Jauh

Adapun, stasiun-stasiun tersebut adalah Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, dan Cikampek. Sementara itu, layanan rapid antigen hanya tersedia di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com