Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Berkunjung ke Awang Awang Sky View, Jangan Berburu

Kompas.com - 21/05/2021, 18:12 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Salah satu tempat wisata terbaru di Kabupaten Magelang, tepatnya di Gunung Telomoyo, menawarkan pemandangan alam yang apik dan sayang untuk dilewatkan.

Adapun, tempat wisata itu bernama Awang Awang Sky View. Tempat ini digadang-gadang sebagai titik terbaik untuk melihat Gunung Merbabu, Andong, Sumbing, dan Sindoro.

“Awang Awang Sky View ini adalah salah satu spot seperti gardu pandang yang terletak di tengah-tengah Gunung Telomoyo. Titik terbaik di Telomoyo untuk melihat empat gunung,” kata Pemilik Awang Awang Sky View dan Telomoyo JIP Explore, M. Budi Santoso, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Awang Awang Sky View, Spot Foto Kekinian di Gunung Telomoyo

Selain menikmati pemandangan, wisatawan yang berkunjung juga bisa berswafoto ria di atas dek kaca yang berada pada ketinggian 1.518 meter dari permukaan laut (mdpl).

Tidak hanya itu, jika Coffee Corner sudah dibuka dalam beberapa hari ke depan, pengunjung dapat mencicipi segarnya kopi lokal asli Telomoyo sambil melahap kudapan lezat seperti gemblong atau mendoan Telomoyo.

Kendati demikian, terdapat sejumlah tips dan aturan yang perlu diperhatikan agar kunjungan ke Awang Awang Sky View menjadi lebih nyaman yakni sebagai berikut, Jumat (21/5/2021):

Tempat wisata bernama Awang Awang Sky View di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.dok. Awang Awang Sky View Tempat wisata bernama Awang Awang Sky View di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

1. Bawa pakaian hangat

Mengingat bahwa Awang Awang Sky View berada di dataran tinggi, Budi menyarankan agar wisatawan menyiapkan pakaian hangat atau setidaknya membawa jaket saat berkunjung.

Sebab, udara di sana dan di Gunung Telomoyo cukup dingin. Terlebih bagi pengunjung yang tidak terbiasa dengan udara di sana.

“Berwisata di Telomoyo atau pegunungan biasanya dingin. Apa lagi saat ini sering berkabut,” jelasnya.

2. Berburu pemandangan pada Juni-September

Menurut Budi, pemandangan terbaik yang disuguhi oleh alam disekitar tempat wisata kelolaannya dapat dilihat pada Juni-September.

Baca juga: 5 Kegiatan Wisata di Awang Awang Sky View, Apa Saja?

Pada bulan-bulan tersebut, para pengunjung akan ditawarkan pemandangan yang luar biasa saat matahari terbit, siang hari, dan matahari terbenam.

3. Datang kapan saja, pemandangan tetap oke

Budi mengatakan bahwa pengunjung bisa datang kapan pun ke Awang Awang Sky View. Baik itu pagi, siang, sore, atau malam.

“Waktu, baik pagi, siang, sore, atau malam pada empat bulan itu menjadi pemandangan yang diburu pemburu sunset atau sunrise. Wisatawan hafal betul untuk berburu pemandangan terbaik di empat bulan ini (di area Telomoyo),” jelas dia.

Paket wisata jeep yang disediakan oleh Pemilik Awang Awang Sky View di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.dok. Awang Awang Sky View Paket wisata jeep yang disediakan oleh Pemilik Awang Awang Sky View di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

4. Patuhi protokol kesehatan

Selama pandemi Covid-19, tempat wisata kelolaan Budi telah menerapkan protokol kesehatan sesuai standar. Bahkan kunjungan wisatawan pun dibatasi maksimal 30 persen.

Jika ingin berkunjung, dia menegaskan bahwa masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan. Misalnya menggunakan masker atau menjaga jarak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com