Warung Apung Legendaris di Rowo Jombor Bakal Tinggal Kenangan, Kenapa?

Kompas.com - 21/05/2021, 19:08 WIB
Waduk Rowo Jombor di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, makin ramai dikunjungi wisatawan. Di Rowo Jombor ini juga terdapat 454 rumah tangga perikanan, salah satu usahanya adalah rumah makan apung yang berada di tepi jalan desa. KOMPAS/WINARTO HERUSANSONOWaduk Rowo Jombor di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, makin ramai dikunjungi wisatawan. Di Rowo Jombor ini juga terdapat 454 rumah tangga perikanan, salah satu usahanya adalah rumah makan apung yang berada di tepi jalan desa.

KOMPAS.com - Warung apung yang selama ini jadi ikon objek wisata Waduk Rowo Jombor di Desa Krakitan, Bayat, Klaten, Jawa Tengah, sebentar lagi tinggal kenangan.

Pasalnya, sebanyak 21 warung apung yang ada di lokasi tersebut bakal segera ditata dan dipindah ke daratan.

Baca juga: Menikmati Kuliner Ikan di Rowo Jombor

Hal ini dikarenakan adanya rencana penataan ulang kawasan wisata Waduk Rowo Jombor oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, serta pemerintah pusat.

Terkait hal tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Budaya Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Dispudparpora) Klaten Sri Nugroho menjelaskan, pihaknya akan segera menyosialisasikan dan memulai melakukan penataan warung apung dalam waktu dekat.

"Setelah adanya tim sosialisasi dari Pemerintah Provinsi, baru kita mulai sosialisasikan soal penataan warung apung dan perlahan mulai memindahkan warung apung ke daratan," kata Sri saat dihubungi oleh Kompas.com, Jumat (21/5/2021).

Baca juga: 5 Tips Naik Perahu Asyik di Waduk Rowo Jombor Klaten

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kendati demikian, Ia menyampaikan, hingga saat ini warung-warung apung yang ada di kawasan Waduk Rowo Jombor masih diperbolehkan untuk beroperasi seperti biasa.

Waduk Rowo Jombor di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Waduk Rowo Jombor di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Warung-warung apung yang ada di Waduk Rawa Jombor masih bisa dikunjungi oleh para wisatawan setiap hari hingga pukul 21:00 WIB.

"Saat ini belum ada yang dipindah, warung-warung apung masih dibuka seperti biasa dan beroperasi sampai pukul 21:00 WIB, kalau sudah ada tim nya dari Pemprov baru kita mulai penataan" tutur Sri.

Baca juga: 4 Alasan Rowo Jombor di Klaten Patut Dikunjungi

Sri mengungkapkan, kebijakan penataan warung-warung apung ini pun mendapat respon baik dari masyarakat juga para pemilik warung apung.

"Respon masyarakat mau pun pemilik warung sangat baik, mereka memahami soal kebijakan penataan tersebut," ujar Sri.

Rencana Revitalisasi Waduk Rowo Jombor di tahun 2021

Selain penataan warung apung, adapun Sri menjelaskan beberapa rencana pelaksanaan revitalisasi Waduk Rowo Jombor di tahun 2021, di antaranya:

  1. Pembangunan Plaza Kuliner dengan total anggaran Rp 6 miliar, dan anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah sekitar Rp 13 miliar.
  2. Penurunan elevasi untuk memulai revitalisasi dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).
  3. Pembuatan pedestrian dan talud keliling Rowo Jombor dengan anggaran sebesar Rp 50 miliar dari kementerian PUPR yang diberjakan oleh BBWS.
  4. Pengerukan sedimen Rawa Jombor.
  5. Pembangunan pelabuhan di dua lokasi, di bagian barat dan timur kawasan Waduk Rawa Jombor dari BBWS.
  6. Pembangunan rumah UPB O&P (BBWS).
  7. Penggantian pintu air intake Rowo Jombor (BBWS).
  8. Penanganan longsoran intake terowongan (BBWS).
  9. Bantuan desa wisata di Krakitan sebesar Rp 100 juta dari APBD Provinsi.
  10. Bantuan desa wisata di Jomboran Rp 100 juta dari APBD Provinsi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.