Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Satu Museum Kontemporer Terbesar di Dunia Ada di Hong Kong

Kompas.com - 21/05/2021, 20:11 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Salah satu museum modern dan kontemporer terbesar di dunia ada di Hong Kong. Museum bernama M+ (atau M Plus) ini rencananya akan dibuka pada akhir 2021.

“M Plus adalah museum yang didedikasikan untuk mengoleksi, memamerkan, dan menginterpretasikan seni visual, desain dan arsitektur, gambar bergerak, dan budaya visual Hong Kong pada abad ke-20 dan ke-21,” seperti yang tertera dalam video dari Hong Kong Tourism Board secara daring dalam Arts in Hong Kong, Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Pameran Seni dan Budaya di Hong Kong Bisa Dinikmati dari Rumah, Ini Caranya

Adapun, museum ini mengoleksi beragam karya seni yang datang dari para seniman di Hong Kong, China secara keseluruhan, Asia, dan daerah lainnya.

Selain menjadi salah satu museum modern dan kontemporer terbesar di dunia, museum ini juga memiliki fasad LCD terbesar di dunia.

“Fasad ini akan digunakan untuk menampilkan karya seni gambar bergerak dari para seniman,” terang video tersebut.

Menurut keterangan pers yang Kompas.com terima, Kamis, museum budaya visual global pertama di Asia ini memiliki luas total 65.000 meter persegi.

Baca juga: 6 Fakta Unik Man Mo Temple di Hong Kong, Tempat Berdoa agar Hasil Ujian Bagus

Alhasil, bukanlah sesuatu yang mengherankan jika di dalam bangunannya terdapat 33 galeri, tiga bioskop, pusat pembelajaran dan penelitian, dua toko dan restoran, bar, serta gerai kopi.

Tidak hanya itu, Museum M Plus juga dilengkapi dengan anjungan untuk seniman, ruang kantor, serta taman di atap agar wisatawan dapat bersantai sejenak.

Meski saat ini wisatawan belum bisa berkunjung ke sana, namun Museum M Plus memamerkan lebih dari 5.000 koleksi seninya secara daring di https://collections.mplus.org.hk/en/.

Baca juga: Upper Lascar Row di Hong Kong Disebut Cat Street, Mengapa?

Dalam situs tersebut, berdasarkan pantauan Kompas.com, Jumat (21/5/2021), pengunjung dapat melihat rincian dari sebuah karya seni. Mulai dari informasi seputar tipe karya seni, medium yang digunakan, hingga nama senimannya.

Museum M Plus merupakan sebuah museum yang terletak di Distrik Kebudayaan Kowloon Barat. Distrik ini terkenal sebagai pusat seni dan budaya, serta berdekatan dengan Victoria Harbour.

Selain museum tersebut, Kowloon Barat juga memiliki banyak fasilitas seni dan budaya lainnya, serta ruang terbuka publik yang luas dan kawasan pejalan kaki tepat di depan pelabuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com