Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota Wisata Gunung Bromo yang Buka Lagi Senin 24 Mei 2021

Kompas.com - 23/05/2021, 16:04 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Bagi yang mendambakan untuk segera berwisata ke Gunung Bromo, maka berbahagialah karena tempat wisata ini buka lagi mulai Senin (24/5/2021).

Sebelumnya, kawasan wisata Gunung Bromo sempat ditutup saat momen libur Idul Fitri mulai Kamis (13/5/2021).

Hal itu tentunya membuat mereka yang sudah berencana untuk mengisi waktu libur Lebaran dengan berwisata ke Gunung Bromo harus gigit jari.

Dengan dibukanya kembali kawasan wisata Gunung Bromo, keinginan yang tertunda itu bisa dilakukan.

Baca juga: Wisata Gunung Bromo Buka Lagi 24 Mei 2021, Ini Syaratnya

Namun sebelum memutuskan untuk berangkat, perlu diketahui bahwa pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menetapkan kuota pengunjung.

Kamu pun harus memilih salah satu site di kawasan wisata Gunung Bromo saat mendaftar online di https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org/.

Kuota pengunjung Gunung Bromo mulai Senin 24 Mei 2021

Berikut ini adalah kuota pengunjung di kawasan wisata Gunung Bromo yang mulai buka lagi Senin 24 Mei 2021:

1. Site Bukit Cinta

Bukit Cinta adalah salah satu spot sunrise yang ada di kawasan wisata Gunung Bromo. Tempat ini bisa dicapai dari pintu masuk Pasuruan.

Pengunjung berfoto di lokasi wisata Bukit Cinta, Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (4/11/2017). Bukit Cinta menjadi alternatif menyaksikan matahari terbit di kawasan wisata Gunung Bromo.  KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung berfoto di lokasi wisata Bukit Cinta, Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (4/11/2017). Bukit Cinta menjadi alternatif menyaksikan matahari terbit di kawasan wisata Gunung Bromo.

Jika ingin menikmati sunrise di bukit yang memiliki ketinggian 2.680 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini, kuota pengunjungnya hanya 56 orang per hari.

Menurut pantauan Kompas.com Minggu (23/5/2021) sekitar pukul 14.45 WIB, kuota pengunjung di Bukit Cinta untuk Bulan Mei 2021 sebagian besar sudah penuh. Hanya tersisa Kamis (27/5/2021) dan Jumat (28/5/2021).

2. Bukit Kedaluh atau Bukit Kingkong

Spot sunrise di Gunung Bromo selanjutnya adalah Bukit Kedaluh atau yang juga dikenal dengan Bukit Kingkong karena bentuknya menyerupai wajah kingkong.

Sepasang turis asing berfoto dengan latar belakang Gunung Bromo dan Gunung Batok di Bukit Kingkong.KOMPAS.com / RONNY ADOLOF BUOL Sepasang turis asing berfoto dengan latar belakang Gunung Bromo dan Gunung Batok di Bukit Kingkong.

Di Bukit Kedaluh ini, kuota pengunjung adalah 172 orang per hari. Menurut pantauan Kompas.com Minggu (23/5/2021) sekitar pukul 14.45 WIB, kuota pengunjung Bukit Kedaluh Mei 2021 masih tersedia, bahkan lebih dari 100 orang per hari.

3. Penanjakan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com