Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spanyol Siap Sambut Turis Internasional Juni 2021

Kompas.com - 24/05/2021, 07:07 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengumumkan pada Sabtu (22/5/2021) bahwa pariwisata di sana akan kembali pada Juni 2021.

Melansir Lonely Planet, Sabtu, dia mengonfirmasi bahwa pelancong yang telah divaksinasi Covid-19 di seluruh dunia akan diizinkan memasuki Spanyol tanpa pembatasan karantina.

"Mulai 7 Juni (2021), seluruh orang yang telah divaksinasi dan keluarga mereka akan disambut kembali di negara kami, Spanyol, terlepas dari negara asalnya," kata Sanchez.

Baca juga: Spanyol Akan Sambut Wisatawan Internasional Juni 2021

Kendati demikian, mereka harus menunjukkan sertifikat yang menunjukkan bahwa mereka telah sepenuhnya menerima vaksinasi Covid-19.

Dia juga mengonfirmasi bahwa Spanyol akan mengizinkan wisatawan dari 10 negara-negara non-Uni Eropa (UE) berisiko rendah Covid-19 untuk masuk ke sana mulai 24 Mei 2021.

Beberapa negara itu di antaranya adalah Inggris Raya, Australia, Korea Selaran, Jepang, dan Selandia Baru.

Baca juga: Pemerintah Spanyol Ubah Aturan Berjemur di Pantai Wajib Bermasker

Kabar ini datang saat UE mencapai persetujuan pada Kamis (20/5/2021), terkait pengenalan Digital Green Certificate yang memungkinjan pariwisata lintas perbatasan di Eropa.

Sertifikat tersebut akan menunjukkan bukti bahwa para pelancong telah sepenuhnya divaksinasi Covid-19, dites negatif Covid-19, atau telah sembuh dari virus tersebut.

Sanchez menuturkan bahwa sertifikat digital merupakan kabar baik bagi pariwisata dengan melonggarkan perjalanan lintas blok.

Menjepret pusat kota Barcelona dengan kamera utama Zenfone 2 Laser, Februari 2016Fatimah Kartini Bohang Menjepret pusat kota Barcelona dengan kamera utama Zenfone 2 Laser, Februari 2016

"Gratis, universal, dan simpel. Itu (sertifikat) akan aktif mulai 1 Juli (2021)," ujar Sanchez.

Adapun, UE tengah berupaya untuk mempeluas Digital Green Certificates bagi negara-negara dari luar blok pada musim panas ini

Spanyol merupakan destinasi wisata kedua di dunia setelah Perancis yang paling dikunjungi, dan menerima 80 juta wisatawan internasional per tahun.

Baca juga: Uni Eropa Akan Sambut Turis Asing yang Sudah Divaksin mulai Juni 2021

Saat status darurat diumumkan pada 25 Maret 2020 dan perbatasan ditutup, sektor pariwisata yang menyumbang sekitar 12 persen pada produk domestik bruto Spanyol pun terhenti.

Meski ancaman virus masih ada, serta pemberlakuan jam malam dan pembatasan lainnya masih diterapkan di seluruh Spanyol, namun negara tersebut melihat ke masa depan.

Pemerintah Spanyol berharap untuk memilki 70 persen populasi orang dewasa yang telah divaksinasi Covid-19 pada akhir musim panas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com