Kompas.com - 24/05/2021, 15:40 WIB

KOMPAS.com - Wisata Air Terjun Tumpak Sewu di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kembali dibuka untuk kunjungan wisatawan mulai hari ini, Senin (24/5/2021).

Sebelumnya, tempat wisata air terjun ini ditutup selama periode libur Lebaran 2021, yakni terhitung mulai dari tanggal 13-23 Mei 2021.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Tetap Buka

"Iya betul wisata Tumpak Sewu Lumajang dibuka kembali sejak tanggal 24 Mei 2021," kata pengelola Air Terjun Tumpak Sewu Abdul Karim saat dihubungi oleh Kompas.com, Senin (24/5/2021).

Kendati demikian, Abdul mengatakan pembukaan Air Terjun Tumpak Sewu tetap disertai dengan pembatasan pengunjung maksimal 50 persen dan penerapan protokol kesehatan.

Sementara untuk jam kunjungan wisatawan ke kawasan Air Terjun Tumpak Sewu mulai dari pukul 07:00-15:00 WIB.

Baca juga: Bertualang ke Air Terjun Tumpak Sewu, Wow Indahnya...

"Kita tetap batasi kunjungan 50 persen, protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker, jaga jarak, rajin cuci tangan atau gunakan cairan hand sanitizer," tutur Abdul.

Kondisi air terjun Tumpak Sewu di Lumajang yang sempat dilanda banjir lahar dingin Gunung Semeru beberapa waktu lalu.KOMPAS.COM/Dok. Titin Riadi Kondisi air terjun Tumpak Sewu di Lumajang yang sempat dilanda banjir lahar dingin Gunung Semeru beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, Abdul juga mengatakan bahwa di kawasan wisata air terjun juga ada Satgas Covid-19 yang bertugas mengawasi para wisatawan guna memperketat penerapan protokol kesehatan.

Baca juga: Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang, Niagara-nya Indonesia

"Di kawasan wisata air terjun kami juga siapkan Satgas Covid-19 yang memantau para pengunjung supaya tetap menggunakan masker dan jaga jarak," ucap Abdul.

Sementara, untuk pemesanan tiket saat ini masih dilakukan secara langsung di kawasan wisata Air Terjun Tumpak Sewu.

Air Terjun Tumpak Sewu Tutup 

Sebelumnya, tempat wisata Air Terjun Tumpak Sewu ditutup mulai dari tanggal 13-23 Mei 2021.

Penutupan tersebut berdasarkan Surat Edaran Bupati Lumajang dengan nomor: 556/1052/427.1/2021 tentang Penutupan Tempat Wisata.

Baca juga: Serunya Menjelajahi Dasar Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang

Surat tersebut ditandatangani oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq, tertanggal 10 Mei 2021.

Dalam surat tersebut, Thoriqul menuliskan bahwa penutupan tersebut dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 untuk melindungi masyarakat pada saat libur panjang Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.