Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Dibuka Lagi Mulai 24 Mei 2021

Kompas.com - 24/05/2021, 15:40 WIB
Desy Kristi Yanti,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wisata Air Terjun Tumpak Sewu di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kembali dibuka untuk kunjungan wisatawan mulai hari ini, Senin (24/5/2021).

Sebelumnya, tempat wisata air terjun ini ditutup selama periode libur Lebaran 2021, yakni terhitung mulai dari tanggal 13-23 Mei 2021.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Wisata Air Terjun Tumpak Sewu Tetap Buka

"Iya betul wisata Tumpak Sewu Lumajang dibuka kembali sejak tanggal 24 Mei 2021," kata pengelola Air Terjun Tumpak Sewu Abdul Karim saat dihubungi oleh Kompas.com, Senin (24/5/2021).

Kendati demikian, Abdul mengatakan pembukaan Air Terjun Tumpak Sewu tetap disertai dengan pembatasan pengunjung maksimal 50 persen dan penerapan protokol kesehatan.

Sementara untuk jam kunjungan wisatawan ke kawasan Air Terjun Tumpak Sewu mulai dari pukul 07:00-15:00 WIB.

Baca juga: Bertualang ke Air Terjun Tumpak Sewu, Wow Indahnya...

"Kita tetap batasi kunjungan 50 persen, protokol kesehatan seperti wajib menggunakan masker, jaga jarak, rajin cuci tangan atau gunakan cairan hand sanitizer," tutur Abdul.

Kondisi air terjun Tumpak Sewu di Lumajang yang sempat dilanda banjir lahar dingin Gunung Semeru beberapa waktu lalu.KOMPAS.COM/Dok. Titin Riadi Kondisi air terjun Tumpak Sewu di Lumajang yang sempat dilanda banjir lahar dingin Gunung Semeru beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, Abdul juga mengatakan bahwa di kawasan wisata air terjun juga ada Satgas Covid-19 yang bertugas mengawasi para wisatawan guna memperketat penerapan protokol kesehatan.

Baca juga: Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang, Niagara-nya Indonesia

"Di kawasan wisata air terjun kami juga siapkan Satgas Covid-19 yang memantau para pengunjung supaya tetap menggunakan masker dan jaga jarak," ucap Abdul.

Sementara, untuk pemesanan tiket saat ini masih dilakukan secara langsung di kawasan wisata Air Terjun Tumpak Sewu.

Air Terjun Tumpak Sewu Tutup 

Sebelumnya, tempat wisata Air Terjun Tumpak Sewu ditutup mulai dari tanggal 13-23 Mei 2021.

Penutupan tersebut berdasarkan Surat Edaran Bupati Lumajang dengan nomor: 556/1052/427.1/2021 tentang Penutupan Tempat Wisata.

Baca juga: Serunya Menjelajahi Dasar Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang

Surat tersebut ditandatangani oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq, tertanggal 10 Mei 2021.

Dalam surat tersebut, Thoriqul menuliskan bahwa penutupan tersebut dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 untuk melindungi masyarakat pada saat libur panjang Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com