Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pesiar Freedom of the Seas Jalani Pelayaran Uji Coba Juni 2021

Kompas.com - 27/05/2021, 06:09 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.comKapal pesiar Freedom of the Seas di bawah naungan perusahaan Royal Caribbean International akan menjalani pelayaran uji coba pada 20-22 Juni 2021.

Hal tersebut terjadi lantaran Royal Caribbean International menjadi yang pertama yang mendapat persetujuan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat (AS) untuk menjalani uji coba tersebut.

Melansir dari travelpulse.com, pelayaran uji coba merupakan salah satu tahap penting bagi sebuah perusahaan kapal pesiar sebelum kembali beroperasi dari sejumlah pelabuhan di AS.

Baca juga: AS Punya Wisata Edukasi Naik Kapal Pesiar Keliling Dunia, Jalan-jalan Sambil Belajar

Presiden dan CEO Royal Caribbean International Michael Bayley mengumumkan kabar tersebut di akun Facebook resminya. Dalam pengumumannya, ia juga menyertakan foto surat dari CDC yang bertanggal 25 Mei 2021.

“Setelah 15 bulan dengan begitu banyak pekerjaan yang dilakukan oleh banyak (pihak) di tengah masa-masa yang sulit. Kepada semua kolega, tamu setia, dan pendukung (kami) di seluruh dunia, saya dengan bangga membagikan kabar yang luar biasa ini,” tulis Michael dalam keterangannya tersebut, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Penumpang Kapal Pesiar di AS yang Sudah Divaksin Boleh Lepas Masker

Adapun, pelayaran uji coba tersebut akan dilakukan dari PortMiami, Florida. Puluhan ribu orang telah bersedia menjadi sukarelawan dalam uji coba tersebut.

Dalam suratnya, CDC meminta agar kapal pesiar tersebut mengangkut penumpang sedikitnya 10 persen dari kapasitas normal.

Mengutip Forbes, protokol kesehatan juga wajib diterapkan selama pelayaran dan penumpang diharapkan menunjukkan bukti bahwa mereka telah divaksin lengkap.

Baca juga: Kapal Pesiar Bisa Berlayar Kembali Mulai Pertengahan Juli

Berdasarkan situs resminya, Freedom of the Seas dapat mengangkut total 4.553 penumpang. Selain dilengkapi restoran, bar, dan area untuk anak-anak di dalamnya, kapal pesiar tersebut juga memiliki kolam renang bergaya resort dan area golf.

Kapal pesiar tersebut akan menjadi yang pertama yang berlayar dari sebuah pelabuhan di AS sejak pandemi Covid-19 mewabah pada Maret 2020 dan melumpuhkan industri kapal pesiar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com