Kompas.com - 27/05/2021, 06:09 WIB

KOMPAS.comKapal pesiar Freedom of the Seas di bawah naungan perusahaan Royal Caribbean International akan menjalani pelayaran uji coba pada 20-22 Juni 2021.

Hal tersebut terjadi lantaran Royal Caribbean International menjadi yang pertama yang mendapat persetujuan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat (AS) untuk menjalani uji coba tersebut.

Melansir dari travelpulse.com, pelayaran uji coba merupakan salah satu tahap penting bagi sebuah perusahaan kapal pesiar sebelum kembali beroperasi dari sejumlah pelabuhan di AS.

Baca juga: AS Punya Wisata Edukasi Naik Kapal Pesiar Keliling Dunia, Jalan-jalan Sambil Belajar

Presiden dan CEO Royal Caribbean International Michael Bayley mengumumkan kabar tersebut di akun Facebook resminya. Dalam pengumumannya, ia juga menyertakan foto surat dari CDC yang bertanggal 25 Mei 2021.

“Setelah 15 bulan dengan begitu banyak pekerjaan yang dilakukan oleh banyak (pihak) di tengah masa-masa yang sulit. Kepada semua kolega, tamu setia, dan pendukung (kami) di seluruh dunia, saya dengan bangga membagikan kabar yang luar biasa ini,” tulis Michael dalam keterangannya tersebut, Selasa (25/5/2021).

Baca juga: Penumpang Kapal Pesiar di AS yang Sudah Divaksin Boleh Lepas Masker

Adapun, pelayaran uji coba tersebut akan dilakukan dari PortMiami, Florida. Puluhan ribu orang telah bersedia menjadi sukarelawan dalam uji coba tersebut.

Dalam suratnya, CDC meminta agar kapal pesiar tersebut mengangkut penumpang sedikitnya 10 persen dari kapasitas normal.

Mengutip Forbes, protokol kesehatan juga wajib diterapkan selama pelayaran dan penumpang diharapkan menunjukkan bukti bahwa mereka telah divaksin lengkap.

Baca juga: Kapal Pesiar Bisa Berlayar Kembali Mulai Pertengahan Juli

Berdasarkan situs resminya, Freedom of the Seas dapat mengangkut total 4.553 penumpang. Selain dilengkapi restoran, bar, dan area untuk anak-anak di dalamnya, kapal pesiar tersebut juga memiliki kolam renang bergaya resort dan area golf.

Kapal pesiar tersebut akan menjadi yang pertama yang berlayar dari sebuah pelabuhan di AS sejak pandemi Covid-19 mewabah pada Maret 2020 dan melumpuhkan industri kapal pesiar. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.