Kompas.com - 31/05/2021, 07:31 WIB
Salah satu titik Sungai Ciliwung yang memiliki pesona indah, lengkap dengan pepohona rindang, serta rerumputan dan semak belukar yang masih hijau dan asri, Kota Bogor, Senin (24/5/2021). kompas.com / Nabilla RamadhianSalah satu titik Sungai Ciliwung yang memiliki pesona indah, lengkap dengan pepohona rindang, serta rerumputan dan semak belukar yang masih hijau dan asri, Kota Bogor, Senin (24/5/2021).

 

BOGOR, KOMPAS.com – Citra buruk Sungai Ciliwung yang dianggap sebagai biang banjir Ibu Kota menutupi pesonanya yang sebenarnya bisa dijadikan tempat wisata.

Padahal jika menilik lebih lanjut, beberapa titik tepian sungai yang mengalir sepanjang 120 kilometer (km) melintasi Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, dan Jakarta ini menawarkan suasana yang masih asri.

Baca juga: Sungai Ciliwung yang Disebut Biang Banjir Jakarta, Ternyata Punya Pesona

Kompas.com sempat mengunjungi dua titik tepian Sungai Ciliwung pada Senin (24/5/2021). Titik pertama berada di area Taman Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, tepatnya dekat SDN Sempur Kidul.

Para wisatawan sedang berjalan memasuki kawasan hutan untuk menuju ke salah satu titik Sungai Ciliwung yang memiliki pesona indah, lengkap dengan pepohona rindang, serta rerumputan dan semak belukar yang masih hijau dan asri, Kota Bogor, Senin (24/5/2021).kompas.com / Palupi Annisa Auliani Para wisatawan sedang berjalan memasuki kawasan hutan untuk menuju ke salah satu titik Sungai Ciliwung yang memiliki pesona indah, lengkap dengan pepohona rindang, serta rerumputan dan semak belukar yang masih hijau dan asri, Kota Bogor, Senin (24/5/2021).

Sementara titik lainnya adalah sebuah area bak belantaran Hutan Amazon yang jika diibaratkan mirip di serial film Jurassic Park. Jalur masuknya melewati gang Gonggo.

Pada dua titik tersebut, meski beberapa area masih terlihat banyak sampah plastik yang bertebaran, tidak dapat dipungkiri bahwa suasana dan lingkungan pepohonan yang masih asri mampu membelalakkan mata para pengunjung.

Tips susur Sungai Ciliwung

Jika ingin menikmati pesona Sungai Ciliwung, berikut tipsnya yang telah Kompas.com rangkum, Minggu (30/5/2021):

1. Jangan buang sampah sembarangan

Sungai Ciliwung sudah memiliki citra yang buruk karena dikenal sebagai sungai penuh sampah yang menyebabkan beberapa titik di Jakarta kebanjiran.

Salah satu titik Sungai Ciliwung yang memiliki pesona indah, lengkap dengan pepohona rindang, serta rerumputan dan semak belukar yang masih hijau dan asri, Kota Bogor, Senin (24/5/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Salah satu titik Sungai Ciliwung yang memiliki pesona indah, lengkap dengan pepohona rindang, serta rerumputan dan semak belukar yang masih hijau dan asri, Kota Bogor, Senin (24/5/2021).

Oleh karena itu, saat berkunjung ke sana wisatawan dilarang membuang sampah sembarangan guna memperbaik citra sungai tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.