Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Jelajah Sungai Ciliwung, Tolong Jaga Alamnya

Kompas.com - 31/05/2021, 07:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

BOGOR, KOMPAS.com – Citra buruk Sungai Ciliwung yang dianggap sebagai biang banjir Ibu Kota menutupi pesonanya yang sebenarnya bisa dijadikan tempat wisata.

Padahal jika menilik lebih lanjut, beberapa titik tepian sungai yang mengalir sepanjang 120 kilometer (km) melintasi Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, dan Jakarta ini menawarkan suasana yang masih asri.

Baca juga: Sungai Ciliwung yang Disebut Biang Banjir Jakarta, Ternyata Punya Pesona

Kompas.com sempat mengunjungi dua titik tepian Sungai Ciliwung pada Senin (24/5/2021). Titik pertama berada di area Taman Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, tepatnya dekat SDN Sempur Kidul.

Para wisatawan sedang berjalan memasuki kawasan hutan untuk menuju ke salah satu titik Sungai Ciliwung yang memiliki pesona indah, lengkap dengan pepohona rindang, serta rerumputan dan semak belukar yang masih hijau dan asri, Kota Bogor, Senin (24/5/2021).kompas.com / Palupi Annisa Auliani Para wisatawan sedang berjalan memasuki kawasan hutan untuk menuju ke salah satu titik Sungai Ciliwung yang memiliki pesona indah, lengkap dengan pepohona rindang, serta rerumputan dan semak belukar yang masih hijau dan asri, Kota Bogor, Senin (24/5/2021).

Sementara titik lainnya adalah sebuah area bak belantaran Hutan Amazon yang jika diibaratkan mirip di serial film Jurassic Park. Jalur masuknya melewati gang Gonggo.

Pada dua titik tersebut, meski beberapa area masih terlihat banyak sampah plastik yang bertebaran, tidak dapat dipungkiri bahwa suasana dan lingkungan pepohonan yang masih asri mampu membelalakkan mata para pengunjung.

Tips susur Sungai Ciliwung

Jika ingin menikmati pesona Sungai Ciliwung, berikut tipsnya yang telah Kompas.com rangkum, Minggu (30/5/2021):

1. Jangan buang sampah sembarangan

Sungai Ciliwung sudah memiliki citra yang buruk karena dikenal sebagai sungai penuh sampah yang menyebabkan beberapa titik di Jakarta kebanjiran.

Salah satu titik Sungai Ciliwung yang memiliki pesona indah, lengkap dengan pepohona rindang, serta rerumputan dan semak belukar yang masih hijau dan asri, Kota Bogor, Senin (24/5/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Salah satu titik Sungai Ciliwung yang memiliki pesona indah, lengkap dengan pepohona rindang, serta rerumputan dan semak belukar yang masih hijau dan asri, Kota Bogor, Senin (24/5/2021).

Oleh karena itu, saat berkunjung ke sana wisatawan dilarang membuang sampah sembarangan guna memperbaik citra sungai tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com