Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir Cabut Pembatasan Covid-19 Mulai 1 Juni 2021

Kompas.com - 01/06/2021, 07:07 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kabinet Mesir akan mencabut pembatasan yang sebelumnya diterapkan untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 mulai Selasa (1/6/2021).

Melansir channelnewsasia.com dan reuters.com, Senin (31/5/2021), langkah tersebut termasuk mencabut aturan penutupan toko dan restoran lebih awal.

Adapun, sejak 6 Mei 2021, mal, toko, dan restoran harus tutup jam 21.00 waktu setempat setelah naiknya kasus positif di negara tersebut.

Baca juga: Sektor Pariwisata Mesir Diharapkan Pulih Akhir Tahun 2021

Pariwisata sendiri merupakan salah satu sektor andalan Mesir. Pendapatan sektor tersebut mengalami penurunan sebanyak 70 persen di tahun 2020 sejak pandemi.

Sedangkan, sektor pariwisata berkontribusi hingga 15 persen dari produk domestik bruto (PDB) negara itu.

Matahari terbenam di bahu kanan patung Sphinx di kawasan piramida Mesir. Fenomena astronomi khas ini terjadi di Mesir selama dua kali di Musim Semi pada Maret dan Musim Gugur pada September.Facebook/ Egypt Ministry of Antiquities Matahari terbenam di bahu kanan patung Sphinx di kawasan piramida Mesir. Fenomena astronomi khas ini terjadi di Mesir selama dua kali di Musim Semi pada Maret dan Musim Gugur pada September.

Mesir telah berupaya untuk menyelamatkan sektor pariwisata. Pekerja di seluruh hotel di Sinai Selatan dan Laut Merah telah tervaksinasi lengkap.

Selain itu, kabinet Mesir juga berencana untuk memvaksinasi semua penghuni di resor Hurghada dan Sharm el-Sheik.

Baca juga: 4 Tempat Wisata di Mesir yang Dekat dengan Terusan Suez

Melansir dari Kompas.com, pemerintah Mesir optimis akan menyambut lebih banyak wisatawan tahun ini.

Menurut Menteri Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir Khaled El-Enany, terdapat peningkatan jumlah wisatawan sejak Januari 2021 menjadi sekitar setengah juta wisatawan dalam sebulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com