Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Watu Dukun Manyaran, Wonogiri, Wisata Instagramable di Tengah Perbukitan

Kompas.com - 01/06/2021, 16:04 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Kabupaten Wonogiri yang ada di sebelah tenggara Provinsi Jawa Tengah, ternyata punya banyak tempat wisata yang instagramable.

Seperti namanya, wono adalah kata dalam bahasa Jawa yang berarti hutan, dan giri berarti gunung. Itu berarti Wonogiri adalah hutan dan gunung.

Oleh karena itu, tempat-tempat wisata instagramable di Wonogiri pun menawarkan pemandangan hutan dan gunung.

Baca juga: Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Buka Lagi Mulai 17 April 2021

Salah satu tempat wisata Instagramable di Wonogiri yang masih baru adalah Watu Dukun yang ada di Dusun Gembuk, Desa Bero, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Jarak wisata Watu Dukun dengan pusat Kabupaten Wonogiri adalah sekitar 30 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Adapun, rute yang ditempuh adalah melalui Wuryantoro-Manyaran dan bukan melalui Selogiri. Itu karena Jalan Selogiri-Manyaran masih belum jadi.

Keindahan Watu Dukun Manyaran, Wonogiri

Wisata Alam Watu Dukun berada di salah satu puncak Pegunungan Gajah Mungkur yang membentang di sebelah barat pusat Kabupaten Wonogiri.

Tempat wisata yang baru dibangun dan ditata pada Oktober 2020 ini berada pada ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Oleh karena itu, panorama indah dari ketinggian menjadi andalan wisata Watu Dukun ini.

Saat berada di wisata Watu Dukun, pengunjung akan dihadapkan dengan bentang pemandangan terbuka ke arah utara dan timur laut.

Watu Dukun di Manyaran, Wonogiri.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Watu Dukun di Manyaran, Wonogiri.

Memandang arah itu dari ketinggian, wilayah Selogiri, Kabupaten Wonogiri dan Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo tampak begitu indah.

Di ufuk timur, jika cuaca cerah Gunung Lawu akan tampak begitu jelas. Pemandangan akan lebih mantap saat cuaca cerah ketika matahari terbit.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Wonogiri yang Sudah Buka, Ada Kampung Bali

Selain itu, berkunjung pada malam hari juga bisa dilakukan di wisata Watu Dukun ini karena pengunjung bisa berkemah atau camping.

Pada malam hari, gemerlap lampu Kabupaten Sukoharjo dan Wonogiri dapat disaksikan dari Watu Dukun.

Watu Dukun di Manyaran, Wonogiri.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Watu Dukun di Manyaran, Wonogiri.

Pengunjung bisa menyewa tenda dengan harga Rp 25.000-Rp 35.000. Ada pula persewaa tikar atau matras, juga kayu untuk membuat api unggun.

Saat ini, tiket masuk wisata Watu Dukun masih suka rela. Tarif parkir adalah Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Baca juga: Kampung Bali di Wonogiri, Nikmati Suasana Asri Pulau Dewata

Fasilitas yang tersedia, yakni area parkir kendaraan, mushala, toilet, tour guide susur hutan, wahana selfie (dek dan perahu), area camping, dan warung makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com