Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tempat Wisata Alam Sekitar Telaga Saat, Ada Gunung Kencana

Kompas.com - 04/06/2021, 13:01 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keindahan pemandangan alam dan aktivitas wisata menarik yang ditawarkan wisata Telaga Saat di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, membuat tempat ini menarik perhatian para wisatawan.

Wisata telaga yang menampilkan pemandangan gunung dan perkebunan teh itu terletak di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor.

Sembari berlibur di sana, jangan lupa berkunjung ke tempat-tempat wisata alam di sekitarnya yang tidak kalah memesona.

Baca juga: 5 Tips Wisata ke Telaga Saat, Jangan Pakai Mobil Sedan

Berikut tiga tempat wisata alam di sekitar wisata Telaga Saat yang telah Kompas.com rangkum, Kamis (3/5/2021):

1. Gunung Luhur Smart Camp

Gunung Luhur Smart Camp adalah arena berkemah yang terletak Kawasan Puncak Bogor. Lokasi perkemahan ini terletak di kawasan hutan Gunung Luhur, Kampung Cikoneng, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: 5 Aktivitas Seru di Wisata Telaga Saat Bogor, Bisa Naik Perahu

Gunung Luhur Smart Camp ini terdiri dari dua lokasi yang saling terkoneksi, yaitu Gunung Luhur Campsite dan Puncak Gunung Luhur yang memiliki ketinggian 1.702 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Udara segar dan sejuk khas pegunungan selalu menyelimuti Kawasan Gunung Luhur Smart Camp ini. 

2. Gunung Kencana

Gunung Kencana terletak sejauh 6 kilometer (km) dari Telaga Saat. Lokasinya berada di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Puncak Gunung Gede dan Gunung Pangrango dapat terlihat dengan jelas dari Gunung Kencana, Jumat (6/5/2016). Di jalur pendakian ke Gunung Kencana banyak sekali ditemukan perkebunan teh nan hijau di sisi kiri dan kanan jalan.KOMPAS.com / RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Puncak Gunung Gede dan Gunung Pangrango dapat terlihat dengan jelas dari Gunung Kencana, Jumat (6/5/2016). Di jalur pendakian ke Gunung Kencana banyak sekali ditemukan perkebunan teh nan hijau di sisi kiri dan kanan jalan.

Jika ingin menikmati keindahan alam Bogor, mendaki Gunung Kencana bisa jadi pilihan karena kamu akan disuguhkan dengan hamparah hijau perkebunan teh. Suasana sejuk dan asri, dijamin membuat perjalananmu terasa makin menyenangkan.

Gunung Kencana juga disebut sebagai gunung yang tepat untuk para pendaki pemula. Memiliki ketinggian 1.803 mdpl, puncak Gunung Kencana bisa dicapai selama 45 menit-1 jam.

Baca juga: Wisata Telaga Saat di Puncak Bogor yang Asri Berselimut Kabut

Setelah sampai di puncak, kamu akan disuguhkan dengan keindahan Gunung Gede dan Gunung Pangrango dari kejauhan.

3. Agrowisata Kampung Kopi Cibulao

Wisata Edukasi Kopi ini berlokasi di Kampung Cibulao, Desa Tugu Utara Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ilustrasi kopiPIXABAY/Christoph Ilustrasi kopi

Agrowisata Kampung Kopi ini menyediakan berbagai macam atraksi wisata yang menarik untuk dikunjungi, di antaranya kebun teh, spot selfie, bike park, berkuda, saung bambu, dan zona camping.

Baca juga: Pesona Aliran Sungai di Babakan Madang Bogor, Ada Air Terjun Kecil

Wisatawan bisa mengenal lebih jauh tentang kopi Cibulao yang fenomenal, hingga merasakan sensasi menanam kopi, serta memanen sampai proses pengelolaan pascapanen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com