Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Melihat Golden Sunrise di Pasirjaya Cigombong Bogor

Kompas.com - 06/06/2021, 18:06 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

BOGOR, KOMPAS.com – Kecamatan Cigombong, tepatnya di Desa Pasirjaya, merupakan tempat terbaik untuk melihat golden sunrise atau matahari terbit berpendar emas.

Sebab, pemandangan yang disaksikan terbilang cukup apik dengan garis-garis sinar matahari yang akan mulai terlihat mengintip dari balik gagahnya Gunung Gede Pangrango.

Jika di arah depan ada Gede Pangrango, maka panorama indahnya Gunung Salak akan tersaji apabila menengok ke arah belakang.

Baca juga: Pasirjaya Cigombong, Spot Terbaik Melihat Golden Sunrise di Bogor

Kemudian saat menengok sedikit ke arah kiri Gunung Gede Pangrango, pemandangan Gunung Pancar dan Bukit Hambalang akan terlihat sangat jelas.

Jika ingin menikmati pemandangan golden sunrise di Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong, terdapat sejumlah tips yang patut dilakukan yakni sebagai berikut, Minggu (6/6/2021):

Seorang wisatawan tengah menikmati pemandangan Gunung Gede Pangrango detik-detik menjelang momen golden sunrise yang dilihat dari Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor pada Kamis (27/5/2021).kompas.com / Fikria Hidayat Seorang wisatawan tengah menikmati pemandangan Gunung Gede Pangrango detik-detik menjelang momen golden sunrise yang dilihat dari Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor pada Kamis (27/5/2021).

1. Tidak perlu camping

Titik tertinggi Desa Pasirjaya dipenuhi beberapa vila. Namun, ada juga lahan kosong yang dapat digunakan sebagai tempat berkemah.

Namun jika tidak menemukannya, kamu tidak perlu bersedih karena tidak bisa kemah untuk menikmati golden sunrise dari balik Gunung Gede Pangrango.

Sebab, tepi jalan di titik tertinggi desa tersebut pun dapat dijadikan sebagai spot untuk melihat golden sunrise.

Baca juga: Rute ke Pasirjaya Cigombong, Spot Terbaik Melihat Golden Sunrise di Bogor

Kamu bisa duduk di atas motor sambil menyantap bekal sarapan dan melihat betapa menakjubkannya matahari yang mengintip dari balik Gunung Gede Pangrango.

2. Cek prediksi cuaca

Saat Kompas.com berkunjung ke sana pada Rabu (26/5/2021), cuaca saat itu sangat cerah, sehingga sunrise dapat disaksikan dengan begitu indah. 

Oleh karena itu sebelum berkunjung, ada baiknya cek prediksi cuaca supaya pemandangan golden sunrise terlihat sangat jelas dan tidak tertutup kabut atau awan.

3. Sudah tiba di lokasi pukul 05.00 WIB

Pemandangan Gunung Gede Pangrango detik-detik menjelang momen golden sunrise yang dilihat dari Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor pada Kamis (27/5/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Pemandangan Gunung Gede Pangrango detik-detik menjelang momen golden sunrise yang dilihat dari Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor pada Kamis (27/5/2021).

Pendar keemasan cahaya matahari sudah mulai akan terlihat sejak pukul 05.00 WIB, dan dimulai dengan langit yang berubah dari hitam pekat menuju oranye keunguan.

Pada pukul tersebut, kamu bisa mulai siapkan kamera atau perlengkapan penunjang dokumentasi lainnya agar tidak ketinggalan memotret momen golden sunrise di Bogor.

Baca juga: 6 Tips Menuju Aliran Sungai di Babakan Madang Bogor yang Masih Asri

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com