Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Lihat Golden Sunrise di Kaki Gunung Salak, Super Keren!

Kompas.com - 06/06/2021, 20:08 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Pemandangan golden sunrise atau matahari berpendar emas merupakan salah satu hal yang paling dicari saat pagi tiba, selain bubur atau nasi uduk.

Di Jawa Barat, terdapat salah satu spot terbaik untuk lihat golden sunrise di Bogor. Tepatnya di Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

Baca juga: Pasirjaya Cigombong, Spot Terbaik Melihat Golden Sunrise di Bogor

Kompas.com berkesempatan berkunjung ke sana pada Rabu (26/5/2021). Perjalanan dimulai dari Kota Bogor, tepatnya Bogor Utara, siang menjelang sore hari sekitar pukul 14:30 WIB.

Meski jarak tempuhnya hanya sekitar 30 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menitan menggunakan motor, waktu terasa cukup lama lantaran perlengkapan kemah yang dibawa cukup banyak.

Menuju Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong

Kompas.com berangkat menuju desa tersebut berasama seorang teman. Niat berangkat dari pukul 13.00 WIB molor karena paginya kami bermain dulu di aliran sungai Babakan Madang.

Baca juga: 8 Kegiatan Seru di Aliran Sungai Babakan Madang Bogor

Teriknya matahari sempat membuat rasa malas mencuat. Niat untuk melewatkan momen golden sunrise pada esok hari pun muncul. Inginnya hanya rebahan saja di dalam kamar menunggu hujan jatuh di Kota Hujan.

Pemandangan Gunung Gede Pangrango detik-detik menjelang momen golden sunrise yang dilihat dari Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor pada Kamis (27/5/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Pemandangan Gunung Gede Pangrango detik-detik menjelang momen golden sunrise yang dilihat dari Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor pada Kamis (27/5/2021).

Namun, Kompas.com ingat bahwa pada hari itu, tepatnya sekitar pukul 18.00 WIB, gerhana bulan total akan terjadi. Ada kemungkinan cuaca juga akan sangat cerah sehingga golden sunrise akan terlihat dengan jelas.

Kompas.com pun segera beranjak mempersiapkan segalanya. Usai wara-wiri di dalam rumah mencari barang-barang yang diperlukan, motor pun digeber untuk segera melaju ke Desa Pasirjaya.

Baca juga: 5 Tips Menuju Desa Pasirjaya di Cigombong, Bogor untuk Lihat Golden Sunrise

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com