Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2021, 11:57 WIB

KOMPAS.com - Maskapai Wings Air akan melayani kembali rute penerbangan domestik Ternate-Buli mulai Selasa (8/6/2021).

Menurut rilis yang diterima oleh Kompas.com, rute ini akan menghubungkan Maluku Utara dengan Halmahera Timur, yakni melalui Bandar Udara Sultan Babullah, Pulau Ternate (TTE) menuju Bandar Udara Buli di Desa Pekaulang, Kecamatan Maba, Kabupaten Halmahera Timur (PGQ).

Baca juga: Wings Air Layani Kembali Rute Ternate-Morotai, Harga Mulai Rp 347.400

Pada tahap awal pembukaan rute tersebut, Wings Air akan mengadakan jadwal penerbangan dua kali dalam seminggu, yakni setiap hari Selasa dan Sabtu, dengan jadwal sebagai berikut:

1. Ternate-Buli dengan nomor penerbangan IW-1170, keberangkatan pukul 10.30 WIT dan dijadwalkan tiba pada pukul 11.00 WIT.

2. Buli-Ternate dengan nomor penerbangan IW-1175, keberangkatan pukul 11.20 WIT dan dijadwalkan tiba pada pukul 11.50 WIT.

Waktu tempuh antara Ternate dan Buli sekitar 35 menit, dan tidak ada perbedaan waktu pada kedua kota tujuan, yakni menggunakan waktu Indonesia timur (WIT, GMT+09).

Kondisi Bandara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara Pasca-erupsi Gunung Gamalama, Dok. KemenhubAchmad Fauzi Kondisi Bandara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara Pasca-erupsi Gunung Gamalama, Dok. Kemenhub

Dalam rute penerbangan ini, Wings Air memberikan penawaran harga tiket sekali jalan (one way), dari Ternate ke Buli mulai dari Rp 329.200. Adapun dari Buli ke Ternate mulai dari Rp 304.200.

Baca juga: Gunung Ile Lewotolok Meletus, Penerbangan Wings Air Rute Kupang-Lewoleba-Kupang Batal

Sementara itu, penerbangan rute Ternate-Buli akan menggunakan armada jenis baling-baling (propeller) tipe pesawat ATR 72-500 atau ATR 72-600, berkapasitas tempat duduk 72 kelas ekonomi dengan konfigurasi (tata letak) 2-2.

Siklus udara di dalam kabin dijaga agar tetap bersih lantaran udara segar akan terus-menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi. 

Baca juga: Wings Air Buka Rute Kupang-Ruteng, Siap Jelajah Pulau Flores?

Aliran udara dari langit-langit kabin bergerak langsung ke lantai, sehingga meminimalkan pergerakan udara ke depan dan arah belakang pada kabin. Udara akan tersedot ke area lantai melalui panel (floor panel level) sesuai proses pada katup aliran tekanan udara (pressurization outflow valves operation).

Volume udara di kabin yang kurang lebih 95 meter kubik akan selalu diperbarui dalam lima hingga tujuh menit berkat dua buah mekanisme ECS Packs Operative, dua buah Recirculation, dan Extraction System (by Environment Control System atau ECS). 

Baca juga: Promo Wings Air, Jelajahi Halmahera Utara Mulai dari Rp 716.900

Tidak hanya itu, proses keluar-masuk penumpang juga akan diatur sedemikian rupa guna menghindari kepadatan dan interaksi antarpenumpang serta awak kabin. 

Adanya rute penerbangan ini diharapkan dapat menciptakan konektivitas orang dan barang antarwilayah Maluku Utara, sehingga akan memberikan nilai lebih, antara lain mobilisasi lebih cepat, memperpendek jarak, mempersingkat waktu, dan membuat harga makin terjangkau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+