7 Negara Ini Mulai Gunakan Sertifikat Vaksin Covid-19 Digital Uni Eropa

Kompas.com - 08/06/2021, 13:01 WIB
Seorang pendukung Uni Eropa mengibarkan bendera di depan kantor parlemen London, Inggris, Rabu (30/9/2020), saat berlangsungnya putaran ke-9 pembicaraan dagang antara Uni Eropa dengan Inggris di Brussels, Belgia, tentang RUU Pasar Internal Inggris yang kontroversial. AP PHOTO/FRANK AUGSTEINSeorang pendukung Uni Eropa mengibarkan bendera di depan kantor parlemen London, Inggris, Rabu (30/9/2020), saat berlangsungnya putaran ke-9 pembicaraan dagang antara Uni Eropa dengan Inggris di Brussels, Belgia, tentang RUU Pasar Internal Inggris yang kontroversial.

KOMPAS.comYunani, Jerman dan lima negara Uni Eropa (UE) lainnya mulai menggunakan sertifikat vaksin Covid-19 digital yang diluncurkan oleh UE mulai Selasa (1/6/2021).

Sertifikat vaksin Covid-19 digital ini memungkinkan warganya bepergian dengan mudah melintasi 27 negara lainnya.

Baca juga: Perancis Cabut Pembatasan Perjalanan dengan Negara Non-Uni Eropa Mei 2021

Tujuan dari sistem ini yakni memfasilitasi perjalanan yang aman bagi warganya melalui verifikasi status virus Covid-19 pemegang digital sertifikat itu. Baik melalui vaksinasi, hasil negatif tes Covid-19 baru-baru ini, atau bukti pemulihan dari Covid-19.

Oia, Yunani.earthtrekkers.com Oia, Yunani.

Melansir dari APnews.com, menurut Komisi Eropa, ada lima negara yang sudah memulai penggunaan sertifikat digital tersebut lebih awal adalah Bulgaria, Republik Ceko, Denmark, Kroasia dan Polandia.

Kemudian menyusul Yunani yang mendesak untuk mendapatkan sertifikat digital tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sertifikat vaksin Covid-19 digital ini telah diakui secara umum. Dokumen tersebut dirancang dalam bentuk kertas digital yang menggunakan kode QR dengan fitur keamanan canggih.

Baca juga: Uni Eropa akan Luncurkan Paspor Vaksin Digital untuk Pulihkan Sektor Pariwisata

Dalam penerapannya, digital sertifikat vaksin Covid-19 ini hanya diberlakukan bagi orang-orang yang telah divaksinasi Covid-19 secara lengka.

Selain itu, berlaku juga bagi mereka yang telah pulih dari virus Covid-19, serta orang yang telah menjalani tes PCR dalam waktu 72 jam terakhir.

Adapun, sertifikat ini akan diberikan secara gratis dan didistribusikan dalam bahasa nasional dan bahasa Inggris. Ketentuan ini berlaku di semua negara blok.

“Warga Uni Eropa menantikan untuk bepergian lagi, dan mereka ingin melakukannya dengan aman. Memiliki sertifikat UE adalah langkah penting dalam perjalanan, ”kata Komisaris Kesehatan UE Stella Kyriakides.

Baca juga: Yunani Desak Uni Eropa Bikin Sertifikat Vaksin untuk Wisata

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.