Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2021, 18:04 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

BOGOR, KOMPAS.com – Kabupaten Bogor merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Barat yang bisa dikunjungi oleh masyarakat yang gemar wisata petualangan.

Sebab, daerah tersebut memiliki banyak curug, serta jalur-jalur trekking yang masih alami.

Baca juga: Itinerary Seharian Wisata di Pamijahan Bogor, Puas Main Air sama Anak

Apabila ingin berkunjung dalam waktu dekat, ini dia itinerary dua hari satu malam wisata petualangan di Bogor yang Kompas.com rangkum, Kamis (10/6/2021):

Pilihan transportasi

Meski tiga tempat wisata di bawah dapat dikunjungi dengan kendaraan roda empat, namun lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua.

Selain untuk menghemat biaya bensin dan parkir, juga supaya lebih mudah untuk menavigasikan diri jika nyasar saat mengikuti GPS.

Kendati demikian, jika memilih untuk naik kendaraan roda empat, saat tiba di Eduwisata Lebah Madu Bojongmurni, kendaraan akan diparkirkan di Sekretariat RT 11/RW 03.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam Wisata Edukasi di Bogor Sama Anak, Bisa ke Mana Saja?

Lalu, untuk menuju ke area peternakan lebah, kamu harus jalan, naik motor, atau naik sepeda untuk menuju ke titik awal untuk memulai trekking.

Sementara di Desa Pasirjaya, pastikan kamu parkir kendaraan di area yang cukup luas dan tidak di tepi jalan agar tidak menghalangi orang lain.

Freediving atau menyelam bebas di sisi tebing yang merupakan bongkah lava di Curug Kondang, Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat.FIKRIA HIDAYAT Freediving atau menyelam bebas di sisi tebing yang merupakan bongkah lava di Curug Kondang, Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat.

Pilihan tempat wisata hari pertama

1. Curug Kondang

Curug Kondang atau Curug Ngumpet 2 berlokasi di kawasan wisata Gunung Salak Endah, Desa Gunung Sari. Tempat wisata ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Jarak dari area parkir menuju titik air terjun adalah sekitar 10 menit menelusuri jalur setapak berbatu di tepi aliran sungai.

Setibanya di Curug Kondang, mulai dari area parkir hingga titik air terjun, udara segar terus menemani wisatawan. 

Baca juga: Pengalaman Freediving di Curug Balong Endah Bogor, Dingin Banget!

Tempat wisata ini cocok untuk yang gemar freediving. Sebab, kolam pada undakan pertama memiliki kedalaman sekitar empat meter sehingga menarik untuk dijelajahi.

Perlu dicatat bahwa dalam dunia freediving, ada kalimat Never dive alone (jangan pernah menyelam sendiri) yang harus ditaati agar kegiatan lebih aman.

Harga tiket masuk Curug Kondang adalah Rp 10.000 per orang.

Bersama anak belajar freediving di Balong Endah, Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat.FIKRIA HIDAYAT Bersama anak belajar freediving di Balong Endah, Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com