Kompas.com - 11/06/2021, 11:41 WIB

KOMPAS.com – Gunung yang pas untuk dikunjungi tidak mesti harus memiliki ketinggian di atas 3.000 meter.

Banyak gunung-gunung tidak terlalu tinggi yang ternyata menyimpan keindahan dan keunikannya tersendiri.

Gunung Blego adalah salah satunya. Lokasinya ada di Kecamatan Parang, Magetan, Jawa Timur, dan Puhpelem, Wonogiri, Jawa Tengah.

Baca juga: Wisata Gunung Blego via Magetan, Ada Telaga Tanpa Air di Puncaknya

Ketinggian Gunung Blego hanya 996 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meski begitu, di puncaknya terdapat lubang kawah mati dengan diameter sekitar 800 meter.

Hal itu tentunya menjadi keunikan tersendiri dari Gunung Blego. Masyarakat setempat menyebutnya Telaga Wurung karena seperti telaga yang tidak ada airnya.

Rute menuju wisata Gunung Blego via Magetan

Wisata Gunung Blego dapat dicapai salah satunya melalui Desa Trosono, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Jarak Desa Trosono dari pusat Kabupaten Magetan adalah sekitar 17 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang lebih setengah jam.

Dari Kota Magetan, ambil arah menuju Jalan Magetan-Goranggareng. Namun setelah Dinas Tenaga Kerja dan Taman Carat, belok kanan memasuki Jalan Raya Parang.

Ikuti terus Jalan Raya Parang itu sekitar 14 km atau 20 menit perjalanan. Nantinya akan ada pertigaan mentok. Belok kanan di pertigaan itu dan ikuti jalan sejauh 280 meter.

Ada pertigaan lagi. Kali ini, tinggalkan jalan utama dan belok kiri memasuki Jalan Parang-Sayutan. Ikuti jalan tersebut dan tak lama kemudian, akan ada gerbang selamat datang di Desa Trosono.

Baca juga: DAMRI Layani Rute Stasiun Magetan-Pantai Klayar Pacitan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.