Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Desa Wisata Candirejo Magelang, Dulu Termasuk Desa Miskin

Kompas.com - 11/06/2021, 13:17 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Magelang di Jawa Tengah memiliki salah satu kawasan wisata yang indah, yakni Desa Wisata Candirejo.

Lokasinya berada di jalan Candi Rejo Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jaraknya kurang lebih 3 kilometer (km) dari arah tenggara Candi Borobudur.

Baca juga: 5 Aktivitas Seru di Desa Wisata Candirejo Magelang, Bisa Rafting

Wisatawan akan disuguhi pemandangan persawahan yang masih hijau, suasana asrinya desa, segarnya aliran sungai, udara sejuk bebas polusi, dan indahnya panorama Perbukitan Menoreh.

Wisatawan sedang menjelajahi wisata alam di Desa Wisata Candirejo, Magelang menggunakan andong.Dok. Desa Wisata Candirejo Wisatawan sedang menjelajahi wisata alam di Desa Wisata Candirejo, Magelang menggunakan andong.

Beragam kegiatan wisata pun dapat ditemui di sana. Beberapa di antaranya adalah jelajah desa naik dokar atau sepeda, rafting di sungai, offroad naik mobil jip ke Bukit Manoreh, dan belajar memasak makanan tradisional di rumah warga desa.

Baca juga: 8 Paket Wisata Desa Wisata Candirejo Magelang, Harga Mulai Rp 100 Ribu

Namun di balik ramainya aktivitas wisata sekarang ini, Desa Candirejo dahulu masuk dalam kategori desa miskin.

Desa Wisata Candirejo, dulunya masuk kategori desa miskin

Menurut informasi dari salah satu pengurus Koperasi Desa Wisata Candirejo bernama Rifa, dulu candirejo merupakan desa biasa. Bahkan sekitar tahun 1996, Desa Candirejo masuk kategori desa miskin di kawasan Kecamatan Borobudur.

Pemandangan kawasan Desa Wisata Candirejo di Kabupaten MagelangDok. Desa Wisata Candirejo Pemandangan kawasan Desa Wisata Candirejo di Kabupaten Magelang

"Dari 20 desa ini, Candirejo masuk urutan ke-17 desa termiskin. Jadi, masuk kawasan peta miskin," kata Rifa kepada Kompas.com, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: 5 Tempat Wisata Sekitar Desa Wisata Candirejo Magelang, Ada Svargabumi

Seiring berjalan waktu, sambung dia, akhirnya kepala desa Candirejo memutuskan mengembangkan Desa Candirejo menjadi desa wisata dengan memanfaatkan keberadaan Candi Borobudur.

Mulai membangun Desa Wisata Candirejo

Kepala desa bersama dengan beberapa tokoh masyarakat, pemerintah desa, dan para tokoh ulama di kawasan desa itu mulai membahas konsep pembentukan Desa Wisata Candirejo.

"Kemudian kami bentuk tim kerja. Jadi ada poka (kelompok kerja) dusun, ada pokja desa. Pokja dusun ini yang tugasnya menyampaikan atau menyosialisasikan terkait dengan konsep desa wisata ke masyarakat," ujar Rifa.

Setelah pembahasan konsep pembentukan Desa Wisata Candirejo, serta pembentukan tim kerja dan sosialisasi kepada masyarakat, kepala desa pun menyiapkan warga desa yang akan menjadi pelaku pariwisata di sana. Mereka juga dilatih menjadi pemandu wisata.

Desa Wisata Candirejo di Kabupaten MagelangDok. Desa Wisata Candirejo Desa Wisata Candirejo di Kabupaten Magelang

Pihak desa lalu melakukan pemetaan lokasi Desa Wisata Candirejo yang terdiri dari 15 dusun berdasarkan potensi wisata masing-masing untuk dijadikan paket wisata.

Selanjutnya kepala desa melakukan pembentukan kepengurusan pengelolaan pariwisata di Desa Wisata Candirejo.

Kepala desa bersama dengan para tokoh masyarakat dan Kelompok Kerja Pemilihan berdiskusi sistem mana yang akan mereka pilih, apakah PT, CV, atau koperasi.

Baca juga: 5 Tips Berkunjung ke Desa Wisata Candirejo Magelang

Setelah berdiskusi, dengan berbagai pertimbangan akhirnya mereka pun sepakat untuk menggunakan sistem koperasi.

"Kita putuskan untuk menggunakan koperasi karena memang prinsip dasar dari koperasi itu dari, oleh, dan untuk anggota. Di awal mula pendirian, badan hukumnya harus ada minimal 20 anggota. Jadi kita cari dan data 20 orang yang bersedia menjadi anggota koperasi," jelas Rifa.

Akhirnya, Desa Candirejo resmi menjadi Desa Wisata Candirejo pada tahun 2003. Peresmian secara badan hukum dilakukan pada tahun 2004.

Arti dari nama Desa Candirejo

Konon, kata candirejo berasal dari Candigrha. Namun seiring berjalannya waktu, penyebutan berubah menjadi Candirga, lalu Candirja, dan akhirnya menjadi Candirejo hingga saat ini.

Baca juga: Guru Besar FIB UI: Borobudur Lebih dari Sekadar Tempat Selfie

Kata candi sendiri berarti batu dan rejo artinya subur. Candirejo diartikan sebagai wilayah yang banyak batu, tetapi subur. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com