Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Jalur Pendakian Gunung Merbabu Gagal Dibuka Lagi, Ada Apa?

Kompas.com - 11/06/2021, 13:53 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM) tidak jadi membuka seluruh jalur pendakian Gunung Merbabu pada 14 Juni 2021.

“Ya. Selo, Cunthel, dan Thekelan sementara tutup lagi,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha (KSBTU) TNGM Johan Setiawan kepaa Kompas.com, Jumat (11/6/2021).

Untuk diketahui, Gunung Merbabu memiliki lima jalur pendakian resmi yakni jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo, Thekelan, Cunthel, Suwanting, dan Wekas.

Baca juga: Simak, Ini Cara Booking Online Pendakian Gunung Merbabu

Gagalnya pembukaan kembali tiga jalur pendakian tersebut juga diumumkan oleh pihak TNGM lewat akun Instagram @btn_gn_merbabu pada Jumat.

Dalam unggahan tersebut, dikatakan bahwa penutupan didasarkan pada Instruksi Bupati Semarang Nomor 14 Tahun 2021 yang dikeluarkan pada Senin (7/6/2021).

Batalnya pembukaan kembali tiga jalur tersebut juga berdasarkan Surat Ketua RT Dusun Genting, Desa Tarubatang Nomor: 02/RT.DS.Genting/06/2021 yang dikeluarkan pada Kamis (10/6/2021). Surat tersebut mengenai permohonan penundaan pembukaan jalur pendakian Selo.

Baca juga: Catat! 4 Tips Penting Mendaki Gunung Merbabu Saat Musim Hujan

“Maka pendakian via jalur Thekelan, Cunthel, dan Selo sementara ini ditangguhkan. Hal ini juga dikarenakan peningkatan persebaran Covid-19,” kata unggahan tersebut.

Pemandangan dari Puncak Gunung Merbabu.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pemandangan dari Puncak Gunung Merbabu.

“#SobatMerbabu masih bisa melakukan pendakian melalui jalur Suwanting dan Wekas. Pantau juga kuota yang tersedia di kedua jalur tersebut ya sobat,” lanjut akun Instagram @btn_gn_merbabu.

Lantas, bagaimana dengan yang sudah melakukan pemesanan daring untuk mendaki pada tiga jalur tersebut?

“Kami memberi alternatif untuk pindah jalur,” kata Johan.

Baca juga: Timboa, Surga Tersembunyi di Lereng Merbabu

Seluruh jalur pendakian sempat akan dibuka

Sebelumnya, mengutip Kompas.com, Rabu (9/6/2021), seluruh jalur pendakian Gunung Merbabu akan dibuka kembali mulai 14 Juni 2021.

Meski begitu, berita tersebut menyebutkan bahwa jalur pendakian via Thekelan dan Cunthel pada tanggal pembukaan belum dibuka karena masih berada dalam zona merah.

Gunung Merbabu dilihat dari Gunung Telomoyo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Merbabu dilihat dari Gunung Telomoyo.

Namun, Johan pada saat itu mengatakan bahwa kedua jalur akan dibuka pada esok hari. Artinya, seluruh jalur pendakian Gunung Merbabu sudah bisa diakses.

“Betul tanggal 14 Juni 2021 masih ditutup, tapi tanggal 15 Juni 2021 semua jalur sudah dibuka kembali karena instruksi Bupati Semarang hanya ditutup dari tanggal 7-14 Juni 2021,” jelas dia, Selasa (8/6/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com