Kompas.com - 11/06/2021, 13:53 WIB
Pendakian Gunung Merbabu. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPendakian Gunung Merbabu.

 

KOMPAS.com – Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGM) tidak jadi membuka seluruh jalur pendakian Gunung Merbabu pada 14 Juni 2021.

“Ya. Selo, Cunthel, dan Thekelan sementara tutup lagi,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha (KSBTU) TNGM Johan Setiawan kepaa Kompas.com, Jumat (11/6/2021).

Untuk diketahui, Gunung Merbabu memiliki lima jalur pendakian resmi yakni jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo, Thekelan, Cunthel, Suwanting, dan Wekas.

Baca juga: Simak, Ini Cara Booking Online Pendakian Gunung Merbabu

Gagalnya pembukaan kembali tiga jalur pendakian tersebut juga diumumkan oleh pihak TNGM lewat akun Instagram @btn_gn_merbabu pada Jumat.

Dalam unggahan tersebut, dikatakan bahwa penutupan didasarkan pada Instruksi Bupati Semarang Nomor 14 Tahun 2021 yang dikeluarkan pada Senin (7/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Batalnya pembukaan kembali tiga jalur tersebut juga berdasarkan Surat Ketua RT Dusun Genting, Desa Tarubatang Nomor: 02/RT.DS.Genting/06/2021 yang dikeluarkan pada Kamis (10/6/2021). Surat tersebut mengenai permohonan penundaan pembukaan jalur pendakian Selo.

Baca juga: Catat! 4 Tips Penting Mendaki Gunung Merbabu Saat Musim Hujan

“Maka pendakian via jalur Thekelan, Cunthel, dan Selo sementara ini ditangguhkan. Hal ini juga dikarenakan peningkatan persebaran Covid-19,” kata unggahan tersebut.

Pemandangan dari Puncak Gunung Merbabu.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pemandangan dari Puncak Gunung Merbabu.

“#SobatMerbabu masih bisa melakukan pendakian melalui jalur Suwanting dan Wekas. Pantau juga kuota yang tersedia di kedua jalur tersebut ya sobat,” lanjut akun Instagram @btn_gn_merbabu.

Lantas, bagaimana dengan yang sudah melakukan pemesanan daring untuk mendaki pada tiga jalur tersebut?

“Kami memberi alternatif untuk pindah jalur,” kata Johan.

Baca juga: Timboa, Surga Tersembunyi di Lereng Merbabu

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.