Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Wisata Vaksin, Travel Agent Indonesia Mulai Jual Paket Perjalanan ke Luar Negeri

Kompas.com - 11/06/2021, 14:02 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Tren wisata vaksin Covid-19 belakangan ini tengah naik daun dengan sejumlah agen perjalanan mulai menjual paket perjalanan ke luar negeri.

Di Thailand saja, melansir Kompas.com, Minggu (9/5/2021), beberapa agen perjalanan telah menawarkan paket perjalanan ke Amerika Serikat (AS) dan Rusia dengan bonus vaksin Covid-19.

Vaksin yang ditawarkan pun beragam. Ada agen yang menjual paket perjalanan untuk Johnson & Johnson, ada juga yang Sputnik V. Harga paket wisata vaksin beragam.

Baca juga: 7 Negara Ini Mulai Gunakan Sertifikat Vaksin Covid-19 Digital Uni Eropa

Tidak hanya di Thailand, Kompas.com pada Rabu (2/6/2021) memberitakan bahwa banyak warga dari Vietnam dan India terbang ke AS untuk melakukan tur vaksin (vaccine tour).

Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Apakah ada agen perjalanan yang menjual paket wisata vaksin ke luar negeri?

Agen perjalanan mulai jual paket wisata vaksin

Panorama JTB Tours merupakan salah satu agen perjalanan yang sudah menjual paket wisata vaksin sejak akhir Mei 2021. Mereka sudah mempromosikannya lewat akun Instagram @panoramatoursid pada Senin (24/5/2021).

Head of Leisure Panorama JTB Tours, Andini, mengonfirmasi bahwa pihaknya lebih menjual paket wisata ke AS. Vaksin Johnson & Johnson yang didapat dikatakan sebagai bonus saja.

“Di situ disiapkan delapan hari wisata ke West Coast. Jalan-jalan ke Los Angeles, tapi mereka bisa dapat kesempatan untuk vaksin. Tapi kami lebih meng-highlight ke arah jalan-jalan ke AS-nya,” kata dia kepada Kompas.com, Kamis (10/6/2021).

Baca juga: Ada Wisata Vaksin di Amerika Serikat, Bisa Diterapkan di Bali?

Dalam paket dengan harga mulai dari Rp 19,8 juta per orang itu, wisatawan sudah akan mendapatkan tiket pesawat pergi-pulang, hotel, makan, dan free program bagi yang ingin jalan-jalan.

Ilustrasi Patung Liberty atau Liberty Statue di New York, Amerika Serikat. Dok. Shutterstock Ilustrasi Patung Liberty atau Liberty Statue di New York, Amerika Serikat.

Namun, lanjut Andini, wisatawan juga bisa pilih apakah ingin ikut optional tour yang tersedia. Tentunya dengan biaya tambahan.

Free program ini, misal jalan-jalan sendiri di sekitar hotel atau ke beberapa tempat di AS itu bebas. Kalau bingung mau ke mana ,bisa dibantu. Vaksin anggapannya bonus, tidak pengaruhi harga,” jelas dia.

Selain Panorama JTB Tours, ada juga Destination Tour yang menawarkan wisata vaksin Johnson & Johnson ke AS dengan harga mulai dari Rp 9,6 juta per orang untuk minimal dua orang.

Baca juga: Inggris Raya Luncurkan Paspor Vaksin untuk Perjalanan Internasional

Creative Director Destination Tour Yento Chen mengatakan, paket itu akan membawa wisatawan liburan selama enam hari lima malam di Negeri Paman Sam.

Menurut pantauan Kompas.com, Jumat (11/6/2021), Destination Tour telah mempromosikan paketnya lewat Instagram sejak Kamis (20/5/2021).

Kendati demikian, paket ini berbeda dari paket wisata lain karena pihak Yento hanya menjual layanan vaksin dan akomodasi saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com