Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/06/2021, 19:07 WIB
Desy Kristi Yanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wisata Gunung Bromo akan ditutup sementara bagi para wisatawan pada 24-26 Juni 2021. 

"Iya, sehubungan dengan adanya kegiatan upacara Yadnya Kasada 2021, kawasan Gunung Bromo ditutup sementara untuk umum mulai 24-26 Juni 2021," kata Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat kepada Kompas.com, Sabtu (12/6/2021).

Ia melanjutkan, kawasan wisata Bromo akan buka kembali setelah Yadnya Kasada pada Minggu, tanggal 27 Juni 2021.

Baca juga: Jalur Wisatawan di Savana Bromo akan Diubah Mengikuti Sisi Tebing

Berdasarkan informasi yang diberikan Ayip (sapaan Sarif Hidayat), penutupan mengacu pada Surat Pengumuman Balai Besar Taman Nasional (BBTN) Bromo Tengger Semeru Nomor: PG.15/T.8/BIDTEK.1/KSA/6/2021.

Masyarakat Suku Tengger berdoa sebelum mengambil air suci di Goa Widodaren  di kawasan Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Senin (6/7/2020). Ritual berdoa dan ambil air suci tersebut merupakan rangkaian  perayaan Yadnya Kasada bagi masyarakat Suku Tengger.ANTARA FOTO/ZABUR KARURU Masyarakat Suku Tengger berdoa sebelum mengambil air suci di Goa Widodaren di kawasan Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Senin (6/7/2020). Ritual berdoa dan ambil air suci tersebut merupakan rangkaian perayaan Yadnya Kasada bagi masyarakat Suku Tengger.

Surat pengumuman yang ditandatangani Plt Kepala Balai Besar TNBTS Novita Kusuma Wardani, Jumat (11/6/2021) tentang Penutupan Sementara Kegiatan Wisata Bromo pada Hari Raya Yadnya Kasada Tahun 2021.

Surat tersebut menyatakan, kawasan wisata Gunung Bromo ditutup untuk aktivitas wisata mulai Kamis (24/6/2021) pukul 06.00 WIB hingga Sabtu (26/6/2021) pukul 24.00 WIB.

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa pengumuman mengacu pada Surat Edaran (SE) Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Pasuruan Nomor: 019/PHDI KAB PAS/VI/2021.

Baca juga: Wisata Gunung Bromo Buka Lagi 24 Mei 2021, Ini Syaratnya

Ada juga, SE Parasida Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo Nomor: 45/PHDI-KAB/VI/2021.

Surat tersebut menyatakan permohonan penutupan kunjungan wisata Gunung Bromo dalam rangka pelaksanaan rangkaian Upacara Ritual Yadnya Kasada tahun 2021. Penutupan ini juga merupakan kesepakatan dengan sesepuh Tengger.

Lautan Pasir Gunung BromoKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Lautan Pasir Gunung Bromo

Adapun, penutupan jalur dari arah Probolinggo ditutup di Desa Ngadisari Kecamatan Sakapura, dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri Kecamatan Tosari dan dari arah Malang dan Lumajang ditutup di Jemplang.

Sebagai informasi, upacara Yadnya Kasada digelar setiap tahun oleh masyarakat Tengger di kasawan Gunung Bromo. Namun sama seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan Yadnya Kasada 2021 kembali digelar tertutup untuk wisatawan.

Baca juga: Catat! 5 Tempat di Bromo Ini Hanya Bisa Dikunjungi setelah Booking Online

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah potensi penularan Covid-19 dan kenyamanan masyarakat tengger dalam merayakan Yadnya Kasada tahun 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com