Kompas.com - 12/06/2021, 20:31 WIB
Ilustrasi pesawat AirAsia SHUTTERSTOCK/LEONY EKA PRAKASAIlustrasi pesawat AirAsia

 

KOMPAS.com – Surat keterangan hasil negatif Covid-19 menjadi syarat paling penting saat bepergian naik pesawat selama pandemi Covid-19, termasuk selama PPKM Mikro 1-14 Juni 2021.

Surat itu menjadi bukti bahwa calon penumpang tidak membawa virus Covid-19 dan tidak akan menyebarkannya ke penumpang lain atau masyarakat di tempat tujuan.

Kompas.com sempat mengobrol dengan tiga penumpang yang melakukan perjalanan selama PPKM Mikro terbaru diterapkan, Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Aturan Naik Pesawat Periode PPKM Mikro 1-14 Juni 2021

Selain menceritakan pengalaman, mereka juga memberikan sejumlah tips naik pesawat selama PPKM Mikro termasuk seperti apa persiapan berkas-berkas syarat penerbangan supaya tidak kelabakan setibanya di pos pemeriksaan di bandara.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut tips naik pesawat selama PPKM Mikro yang Kompas.com rangkum berdasarkan pemaparan tiga penumpang tersebut:

1. Cari tiket pesawat yang mencakup tes Covid-19

Seorang penumpang asal Bekasi bernama Ditha (23) mengatakan, dia mendapatkan tiket dari salah satu maskapai penerbangan seharga Rp 1,4 jutaan untuk penerbangan pergi-pulang (PP) ke Bali pada 2-6 Juni.

“Kebetulan pesan tiket sudah termasuk gratis tes antigen dan bagasi. Tes di beberapa tempat yang telah disediakan. Gue tes di kantor maskapai di Cawang,” tuturnya.

Jika membeli tiket PP yang sudah termasuk gratis tes antigen dan bagasi, menurut Ditha calon penumpang akan menghemat lebih banyak uang.

2. Datang lebih awal di tempat tes Covid-19

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.