Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Wisata ke Spanyol Terbaru Juni 2021, Sudah Sambut Turis Asing

Kompas.com - 14/06/2021, 20:08 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.comSpanyol telah menyambut wisatawan asing divaksinasi sejak Senin (7/6/2021). Mereka termasuk wisatawan dari beberapa negara Uni Eropa (UE) dan negara lainnya.

Melansir dari Kompas.com pada 24 Mei 2021, Spanyol merupakan negara yang paling ramai dikunjungi di dunia setelah Perancis. Negara tersebut menerima 80 juta wisatawan internasional per tahun.

Ketika perbatasan ditutup pada 25 Maret 2020, sektor pariwisata di Negeri Matador ikut terdampak.

Baca juga: Spanyol Siap Sambut Turis Internasional Juni 2021

Adapun, sektor pariwisata menyumbang 12 persen terhadap produk domestik bruto Spanyol. Berikut beberapa hal yang harus diketahui sebelum berwisata ke Spanyol, dikutip dari berbagai sumber, Senin (14/6/2021):

Siapa yang bisa berwisata ke Spanyol?

Badan Pariwisata Spanyol telah mengumumkan bahwa wisatawan divaksinasi dari negara mana saja yang bisa mengunjungi Spanyol tanpa harus menunjukkan dokumen tambahan.

Adapun, negara tersebut dinamai negara dengan “insiden rendah” (low-incidence). Negara-negara yang dimaksud adalah Australia, Israel, Jepang, Selandia Baru, Rwanda, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Inggris dan Irlandia Utara, China, Hong Kong, dan Makau.

Ilustrasi Spanyol - Torre de Hercules.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Spanyol - Torre de Hercules.

Wisatawan dari Singapura, contohnya, tidak diharuskan membawa sertifikat kesehatan.

Namun, mereka tetap perlu mengisi dan menandatangani formulir kesehatan (FCS) sebelum perjalanan secara online. Selain identitas, wisatawan harus mengisi nomor penerbangan dan tanggal kedatangan.

Selama berwisata di Spanyol, mereka wajib memakai masker, menjaga jarak 1,5 meter, dan menggunakan aplikasi RadarCovid.

Baca juga: Spanyol Akan Sambut Wisatawan Internasional Juni 2021

Sementara itu, wisatawan divaksinasi dari beberapa negara UE dan Wilayah Ekonomi Eropa (EEA) wajib membawa sertifikat vaksin dan sertifikat tes diagnosis.

Negara-negara tersebut adalah Austria, Belgia, Bulgaria, Kroasia, Siprus, Ceko, Denmark, Estonia, Finalndia (kecuali Aland dan Lansi-Suomi), Perancis, Jerman, dan Yunani.

Negara lainnya adalah Hungaria, Irlandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lithuania, Luksemburg, Norwegia (kecuali Nordland), Polandia, Portugal, Romania, Slowakia, Slovenia, Swedia, dan Belanda.

Daftar negara di atas berlaku mulai 7 Juni-20 Juni 2021. Badan Pariwisata Spanyol sudah menyediakan peta berisi informasi aturan perjalanan berdasarkan negara asal, mulai dari persiapan hingga kepulangan.

Peta tersebut juga rutin diperbarui, sehingga wajib dicek beberapa bulan sebelum perjalanan. Namun, peta tersebut belum memberi informasi mengenai wisatawan dari Indonesia.

Negara-negara pengecualian

Ilustrasi Spanyol - Pantai Majorca (PIXABAY/Walkerssk).PIXABAY/Walkerssk Ilustrasi Spanyol - Pantai Majorca (PIXABAY/Walkerssk).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com