Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obyek Wisata di Bantul Dibersihkan Selama Penutupan Sementara

Kompas.com - 19/06/2021, 22:16 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com – Kegiatan pembersihan dilaksanakan di obyek wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), selama penutupan sementara tiap akhir pekan mulai 15-28 Juni 2021.

“Nanti kita arahkan Dinas Pariwisata untuk melakukan upaya, misalnya pembersihan lokasi atau hal-hal yang berkaitan dengan meningkatkan kenyamanan wisatawan,” kata Sekretaris Daerah Bantul Helmi Jamharis, mengutip dari Antara, Sabtu (19/6/2021).

Baca juga: Obyek Wisata yang Dikelola Pemkab Bantul Tutup Akhir Pekan

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, Jumat (18/6/2021), obyek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul ditutup tiap hari Sabtu dan Minggu, tepatnya pada 19-20 Juni dan 26-27 Juni 2021.

Adapun kebijakan itu mengacu pada Instruksi Bupati Nomor 15/instr/2021 tentang perpanjangan kesembilan pemberlakukan PPKM Mikro di Bantul.

Instruksi Bupati tersebut ditandatangani oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih tanggal 15 Juni 2021.

Goa Cerme di BantulDokumentasi Pokdarwis Goa Cerme Goa Cerme di Bantul

Sementara itu, obyek wisata yang ditutup adalah Pantai Parangtritis, Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, Pantai Pandansimo, Pantai Kwaru, Goa Selarong, dan Goa Cerme.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Bantul yang Tutup Tiap Akhir Pekan, Ada Pantai Parangtritis

Helmi mengatakan, penutupan sementara dilakukan untuk mencegah kerumunan masyarakat yang dapat memicu penyebaran pandemi Covid-19.

“Secara riil data (klaster di obyek wisata) belum ada, tapi yang berkembang sekarang ini klaster keluarga, artinya bisa jadi keluarga itu mendapatkan paparan setelah melakukan perjalanan, sehingga intinya kami mengurangi saja aktivitas kerumunan,” ujarnya.

Baca juga: Pascalibur Lebaran, Kunjungan ke Gunungkidul dan Bantul Meningkat

Melansir dari akun resmi Instagram Pemkab Bantul, Sabtu, terdapat penambahan kasus Covid-19 terkonfirmasi sebanyak 360 orang.

Secara keseluruhan, tercatat 16.925 kasus Covid-19 terkonfirmasi dengan 413 orang yang meninggal di kabupaten tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com