Kompas.com - 24/06/2021, 21:29 WIB
Kegiatan Himpunan Humas Hotel Bandung di Saung Angklung Udjo, Minggu (21/3/2021). Dok. Himpunan Humas Hotel BandungKegiatan Himpunan Humas Hotel Bandung di Saung Angklung Udjo, Minggu (21/3/2021).

KOMPAS.com - Direktur Saung Angklung Udjo (SAU), Taufik Hidayat, angkat bicara terkait rumor kebangkrutan karena melelang sejumlah alat angklung milik SAU.

Sebelumnya, obyek wisata budaya SAU di Jawa Barat ramai dibahas di media sosial setelah munculnya 13 instrumen musik produksi SAU yang dilelang di platform lelang.go.id milik Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN).

Hal tersebut mengundang banyak pertanyaan, apa yang terjadi dengan SAU.

Baca juga: Cara Saung Angklung Udjo Bertahan Selama Pandemi: Rumahkan Pegawai Hingga Wisata Virtual

Salah satunya akun Twitter bernama @speedymeter alias Chandra yang mengunggah foto daftar instrumen musik yang dilelang. Hingga berita ini ditulis, cuitan akun tersebut sudah di-retweet 2.837 kali dan disukai 4.557 pengguna Twitter. 

Melalui jumpa pers daring, Taufik mengungkapkan kondisi Saung Angklung Udjo.

Taufik mengatakan bahwa lelang yang dilakukan di laman DJKN bukan berarti dapat disimpulkan SAU dalam kondisi bangkrut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pandemi Covid-19, Saung Angklung Udjo Terancam Bangkrut

Langkah tersebut merupakan upaya kerjasama dengan DJKN Kanwil Bandung agar SAU bisa kembali bergeliat di tengah sepinya kunjungan wisata. 

"Upaya tetap bertahan ini ya seperti ini, kerjasama dengan DJKN, tapi kalau bicara kondisi kami jujur prihatin dan kami tetap semangat," ujar Taufik, Kamis (24/6/2021).

Kondisi SAU tidak sedang baik-baik saja

Salah satu pertunjukan di Saung Angklung Udjo (SAU) Bandung.KOMPAS.com/Reni Susanti Salah satu pertunjukan di Saung Angklung Udjo (SAU) Bandung.

Lebih lanjut, Taufik mengatakan, kondisi SAU saat ini sangat memprihatinkan seperti obyek wisata lainnya lantaran terdampak pandemi Covid-19.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.