Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Covid-19 Melonjak, Wisata Danau Kelimutu akan Tutup 14 Hari

Kompas.com - 25/06/2021, 10:16 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

ENDE, KOMPAS.com - Wisata Danau Kelimutu di Kabupaten Ende, NTT, akan ditutup sementara sejak Sabtu (26/6/2021) sampai Sabtu (9/7/2021).

Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu Agus Sitepu menjelaskan, tempat wisata itu ditutup sementara dikarenakan peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi NTT, khususnya Kabupaten Ende.

Pihaknya sudah menerima surat edaran Bupati Ende tentang pembatasan sosial kegiatan masyarakat untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

Baca juga: Begini Cara Booking Online Kunjungan ke Taman Nasional Kelimutu

"Berdasarkan surat edaran itu dan hasil koordinasi dengan instansi terkait penanganan Covid-19, untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 dari aktivitas wisata, maka kegiatan wisata di TNK ditutup sementara selama 14 hari mulai 26 Juni sampai 9 Juni 2020," ujar Agus kepada Kompas.com, Kamis (24/6/2021).

Ia mengatakan, keputusan penutupan Taman Nasional Kelimutu itu akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Ende.

Danau Kelimutu sempat tutup beberapa kali

Adapun, penutupan sementara wisata Danau Kelimutu tidak hanya terjadi kali ini saja. Sebelumnya, beberapa kali wisata Danau Kelimutu tutup.

Penutupan tersebut salah satunya disebabkan oleh kenaikan jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Ende.

Danau Tiga Warna Kelimutu di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. KOMPAS.com/DOKUMEN BALAI TAMAN NASIONAL KELIMUTU Danau Tiga Warna Kelimutu di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Setelah kasus kembali menurun, wisata Danau Kelimutu pun buka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Diberitakan Kompas.com, Selasa (26/1/2021), wisata Danau Kelimutu sempat tutup selama 14 hari selama Sabtu (23/1/2021) sampai Jumat (5/2/2021).

Baca juga: Wisatawan Diminta Setop Memberi Makan Monyet di Kelimutu, Mengapa?

Kemudian dilansir dari Kompas.com, Minggu (9/5/2021), wisata Danau Kelimutu tutup lagi selama seminggu, yakni 10-17 Mei 2021. Penutupan ini untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung pada momen hari raya Idul Fitri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com