Venesia Bakal Masuk Daftar Warisan Dunia yang Terancam Punah UNESCO?

Kompas.com - 26/06/2021, 08:11 WIB

KOMPAS.comVenesia di Italia direkomendasikan untuk menjadi bagian World Heritage in Danger atau daftar Warisan Dunia yang Terancam Punah UNESCO.

Melansir dari CNN Travel, rekomendasi tersebut telah dirumuskan hari Senin (21/6/2021) setelah pembuatan laporan konservasi tahunannya.

Baca juga: Lestarikan Lingkungan, Kapal Besar akan Dialihkan dari Venesia

Adapun, kemungkinan Venesia untuk dimasukkan ke dalam daftar tersebut telah ditambahkan ke agenda sementara untuk sesi pleno pada 16-31 Juli 2021.

Keputusan akhir berada di pihak Komite Warisan Dunia.

Kapal pesiar jadi salah satu “ancaman”

Pemandangan kapal pesiar dan beberapa kapal lainnya di Kota Venesia, Italia (UNSPLASH/Miranda Salzgeber).UNSPLASH/Miranda Salzgeber Pemandangan kapal pesiar dan beberapa kapal lainnya di Kota Venesia, Italia (UNSPLASH/Miranda Salzgeber).

Kapal pesiar yang berlayar di antara pusat kota yang bersejarah merupakan salah satu “ancaman” yang disebutkan dalam laporan tersebut.

Pada bulan Maret, pemerintah pusat telah mengeluarkan dekrit yang isinya melarang keberadaan kapal berukuran besar, termasuk kapal pesiar. Pemerintah juga menuntut dibukanya tender pengadaan pelabuhan di luar laguna.

Baca juga: Turis di Venesia Diusir dari Bus Air karena Tak Pakai Masker

Namun, kapal tetap dijadwalkan berlabuh di laguna sampai pelabuhan baru dibangun. Sementara, otoritas kota mendorong adanya pelabuhan industri di dalam kawasan laguna, meski bukan di pusat kota.

Pada saat yang bersamaan, pelabuhan komersil belum siap dipakai untuk kapal pesiar.

Baca juga: Jalan-jalan ke Venesia Italia, Kota di Atas Air yang Selalu Memesona

“Meski larangan hukum untuk kapal lebih dari 40.000 gross ton untuk memasukki Venesia sudah ada, namun (larangan) itu tidak memiliki dampak, lantaran tidak ada alternatif untuk menambatkan kapal-kapal besar ini,” tulis UNESCO dalam laporannya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN,APnews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.