Kompas.com - 27/06/2021, 17:05 WIB

KOMPAS.comCandi Borobudur yang ada di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah merupakan tujuan wisata favorit masyarakat.

Saat normal, candi Buddha terbesar di dunia ini hampir pasti dipadati wisatawan pada harli libur atau libur panjang.

Namun, suasana ramai itu berubah semenjak pandemi Covid-19 melanda dunia pada Maret 2020 lalu.

Baca juga: Pembangunan Borobudur Highland Akan Dipercepat

Saat ini, Candi Borobudur sudah bisa dikunjungi lagi dengan beberapa aturan baru. Salah satu aturan yang berbeda dari sebelum pandemi adalah jam buka.

Jam buka Candi Borobudur terbaru 2021

Sebelum pandemi Covid-19 melanda, jam buka Candi Borobudur adalah pukul 06.00 sampai 17.00 WIB.

Saat ini, jam buka Candi Borobudur tidak selama dahulu. Pengumuman ini dicantumkan di akun resmi wisata Candi Borobud @borobudurpark.

Candi Borobudur, wisata populer di Magelang, Jawa Tengah.DOK. PUSKOMPUBLIK KEMENPAREKRAF Candi Borobudur, wisata populer di Magelang, Jawa Tengah.

Jika ingin berkunjung ke Candi Borobudur, maka sekarang ini jam operasionalnya hanya pukul 08.00-15.00 WIB saja.

Baca juga: Guru Besar FIB UI: Borobudur Lebih dari Sekadar Tempat Selfie

Selain itu, pengunjung juga wajib mematuhi protokol kesehatan. Beberapa di antaranya adalah wajib memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk, dan jaga jarak antarwisatawan.

Harga tiket candi Borobudur

Adapun, saat ini terdapat dua kategori untuk harga tiket masuk Candi Borobudur. Dua kategori itu adalah untuk anak dan dewasa.

Untuk harga tiket masuk Candi Borobudur kategori orang dewasa, harganya adalah Rp 50.000.
Sementara itu untuk harga tiket masuk Candi Borobudur kategori anak-anak, harganya adalah Rp 25.000.

Ilustrasi Candi Borobudur di Magelang, Jawa TengahDokumentasi Biro Komunikasi Kemenparekraf Ilustrasi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah

Saat ini pun tengah dilakukan pengetatan aturan kunjungan ke Candi Borobudur. Hal itu seiring pemerintah pusat yang menerapkan pengetatan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Candi Borobudur, Candi Buddha Terbesar di Dunia

Aturan terbaru di Candi Borobudur adalah kunjungan hanya di zona 2 (area taman wisata Candi Borobudur. Ada pula pembatasan kunjungan, yakni hanya 4000 orang per hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.