Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Mendaki Gunung Ijen Itu Mudah, Cocok untuk Pendaki Pemula

Kompas.com - 27/06/2021, 20:08 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com Gunung Ijen adalah salah satu favorit para pendaki pemula. Gunung ini terkenal akan kawahnya yang memesona, yakni Kawah Ijen.

Kawah ijen menyuguhkan blue fire atau api biru. Menjadikannya tujuan wisata alam bila hendak travelling ke sisi timur Pulau Jawa.

Untuk mendaki Gunung Ijen dan melihat kawahnya, akses perjalanan yang ditempuh tidak terlalu sulit. Wisatawan dapat mengunjungi Gunung Ijen melalui Banyuwangi atau Bondowoso.

Baca juga: Wisatawan Asing Sudah Diizinkan Lakukan Pendakian ke Kawah Ijen, Ini Syaratnya...

Orang-orang mengatakan bahwa Gunung Ijen direkomendasikan bagi para pendaki pemula atau wisatawan yang sekadar ingin mendaki gunung walau sekali.

Pernyataan ini bukanlah isapan jempol belaka. Ada sejumlah alasan yang membenarkan pernyataan tersebut, berikut Kompas.com rangkum 5 di antaranya:

1. Gunung yang tidak terlalu tinggi

Gunung Ijen tidak terlalu tinggi dibanding gunung-gunung lainnya. sebagai info, gunung-gunung tinggi di Pulau Jawa, seperti Ciremai, Slamet, dan Semeru ketinggiannya di atas 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Baca juga: Liburan ke Kawah Ijen Naik Bus DAMRI dari Jember, Tak Perlu Rapid Test

Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.386 mdpl, menjadikannya mudah untuk ditempuh dan direkomendasikan kepada para pendaki pemula.

2. Fasilitas lengkap untuk pemula

Sesampainya di Gunung Ijen, wisatawan akan berkumpul di Paltuding. Di sana, wisatawan dapat mempersiapkan segala keperluan.

Kawah Ijen.Dok. HHWT Kawah Ijen.

 

Mulai dari membayar tiket retribusi, buang air kecil ke toilet, hingga membeli makanan untuk bekal perjalanan, semua bisa dilakukan di sana.

Kabar baiknya saat sepanjang perjalanan saat mendaki Gunung Ijen, terdapat sejumlah toilet dan gazebo di beberapa titik sebagai tempat istirahat. Dalam hal ini, para pendaki tidak akan terlalu lelah mendaki Gunung Ijen karena semua fasilitas sudah cukup komplet.

3. Tidak terlalu curam

Jarak dari Paltuding ke kawah ijen hanyalah 3 kilometer (km). Berjalan sejauh itu dengan medan landai dan mendatar mungkin cukup terasa ringan dan tak melelahkan.

Baca juga: 4 Wisata Alam di Banyuwangi, dari Kawah Ijen hingga Alas Purwo

Namun, jarak 3 km itu dilalui dengan kemiringan tertentu yang memaksa pengunjung untuk menanjak. Tenang saja, kemiringannya tidak terlalu curam, hanya sekitar 15-35 derajat, sehingga tidak terlalu miring atau membutuhkan tenaga ekstra.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com