Kompas.com - 29/06/2021, 07:07 WIB
Pemandangan di Silancur Highland, Kaliangkrik, Magelang. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPemandangan di Silancur Highland, Kaliangkrik, Magelang.

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang akhirnya mengikuti langkah beberapa kabupaten lain di Jawa Tengah untuk menutup sementara tempat wisata.

Adapun semua tempat wisata di Kabupaten Magelang tutup sementara mulai Selasa (29/6/2021) sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Penutupan tempat wisata itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Magelang Nomor 556/477/19/2021.

Baca juga: Seluruh Tempat Wisata di 6 Kabupaten Jawa Tengah Ini Tutup, Jangan Sampai Kecele

SE itu berisi tentang Pelaksanaan Gerakan Eling lan Ngelingke untuk Pengendalian Penyebaran Virus Covid-19 di Kabupaten Magelang.

Sebagai informasi, kasus positif Covid-19 di Kabupaten Magelang juga tengah melonjak dan kini masuk dalam zona merah.

Ikuti jejak kabupaten lainnya

Adapun beberapa kabupaten di Jawa Tengah sebelumnya terlebih dahulu memutuskan untuk menutup semua tempat wisata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alasannya pun sama, yakni terjadi peningkatan kasus Covid-19. Hal itu memaksa pemerintah kabupaten (pemkab) untuk kembali menutup tempat wisata.

Dusun Butuh di Magelang yang mendapat julukan Nepal van Java.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Dusun Butuh di Magelang yang mendapat julukan Nepal van Java.

Beberapa kabupaten di Jawa Tengah yang menutup semua tempat wisata adalah Klaten, Boyolali, Kabupaten Semarang, Wonogiri, dan Purbalingga.

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, Senin (21/6/2021), pemerintah pusat telah memberlakukan penguatan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro (PPKM mikro) mulai Selasa (22/6/2021).

Salah satu aturan dalam pengetatan PPKM mikro itu adalah tempat wisata di zona merah wajib tutup.

Baca juga: Nepal van Java Dusun Butuh Magelang yang Unik Berlatar Gunung Sumbing

Kabupaten Magelang sendiri mempunyai banyak tempat wisata menarik yang menyuguhkan keindahan panorama alam.

Beberapa tempat wisata di Kabupaten Magelang yang saat ini tengah naik daun, antara lain adalah Nepal van Java dan Silancur Highland.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.