Kompas.com - 29/06/2021, 10:23 WIB
Kolam Renang Umbul Sidomukti. Dok. Umbul SidomuktiKolam Renang Umbul Sidomukti.

UNGARAN, KOMPAS.com - Semua tempat wisata di Kabupaten Semarang ditutup seiring lonjakan kasus Covid-19. Kabupaten Semarang saat ini berda dalam zona merah penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Dewi Pramuningsih mengatakan, penutupan tempat wisata tersebut sesuai Instruksi Bupati Semarang Nomor16 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19.

"Tutup semua tempat wisata, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta," jelasnya saat dihubungi Kompas.com, Senin (28/6/2021).

Baca juga: Wisata Umbul Sidomukti di Kabupaten Semarang Tutup Sementara per 25 Juni 2021

Dewi melanjutkan, tempat wisata yang dikelola Pemkab Semarang adalah kawasan Candi Gedong Songo, Bukit Cinta di area Rawa Pening, Palagan Ambarawa, Water Park Muncul, dan Kolam Renang Muncul.

"Untuk kapan bukanya, tentu menunggu kasus Covid-19 turun dan sampai keluar aturan baru pengganti Instruksi Bupati Nomor 16 Tahun 2021 tersebut," sambung dia.

Bukit Cinta Rawa Pening yang Instagramable.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Bukit Cinta Rawa Pening yang Instagramable.

Instruksi Bupati Semarang tersebut juga mengatur pelarangan kegiatan masyarakat dan menutup tempat wisata religi. Selain itu, desa wisata, tempat wisata, dan rumah makan yang berada di lokasi wisata juga ditutup sementara.

Secara terpisah, Kepala Desa Sepakung Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Ahmad Nuri menyampaikan bahwa obyek wisata Gumuk Reco saat ini juga tutup.

Baca juga: Tips Berburu Matahari Terbit di Candi Gedong Songo

 

"Wisata Ayunan Langit dan Ondo Langit yang jadi andalan Sepakung tidak operasional. Kami mematuhi dan mendukung upaya Pemkab Semarang untuk menekan penyebaran Covid-19," paparnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.