Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Hibah Pariwisata 2021 Akan Didistribusikan 2-3 Bulan Mendatang

Kompas.com - 29/06/2021, 19:32 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.comDana hibah pariwisata tahun 2021 diharapkan dapat didistribusikan dalam waktu dua hingga tiga bulan ke depan.

Dana hibah tahun ini berjumlah Rp 3,7 triliun. Penerimanya pun tidak terbatas pada pengelola serta pekerja hotel dan restoran, tapi diperluas ke pengelola serta pekerja taman rekreasi dan biro perjalanan wisata.

Baca juga: Dana Hibah Pariwisata 2021 Masih dalam Proses Pengajuan

“Sampai saat ini dana hibah pariwisata tahun 2021 yang berjumlah Rp 3,7 triliun masih dalam proses finalisasi. Semoga dalam kurun waktu dua hingga tiga bulan ke depan dana hibah ini dapat segera kita distribusikan ke para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak oleh pandemi Covid-19,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (28/6/2021).

Pemberian dana tersebut rencananya melalui mekanisme transfer ke daerah.

Baca juga: Kemenparekraf akan Berikan Dana Hibah untuk Bantu Pelaku Ekraf

Adapun besaran bantuan berdasarkan data pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan tahun 2019, dan data BPJS Tenaga Kerja.

Ilustrasi Bali - Pura Tanah Lot.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Bali - Pura Tanah Lot.

“Tentunya nanti kita akan mengawal pelaksanaan distribusi dana hibah ini agar tepat sasaran dan tepat manfaat,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan oleh Kompas.com pada 28 April 2021, dana hibah pariwisata 2021 saat itu masih dalam proses pengajuan ke program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021.

Baca juga: Dana Hibah Pariwisata 2021 akan Diperluas untuk Biro Perjalanan Wisata

“Tapi kami dapat indikasi positif karena sebagian program PEN sectoral kementerian dan lembaga untuk pariwisata akan diprioritaskan,” kata Sandiaga saat itu.

Adapun, angka yang diajukan dalam dana hibah pariwisata tahun ini juga lebih besar dari tahun 2020 yang sebesar Rp 3,3 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com