Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Super Air Jet Resmi Terima Sertifikat Operator Penerbangan dari Kemenhub

Kompas.com - 30/06/2021, 22:09 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.comMaskapai penerbangan swasta baru Super Air Jet telah resmi menerima Sertifikat Operator Penerbangan (Air Operator Certificate atau AOC) nomor 121-060.

Maskapai penerbangan berkonsep milenial serta berbiaya rendah ini diizinkan mengoperasikan pesawat udara dengan tujuan komersial.

Adapun persetujuan itu diberikan oleh Otoritas Penerbangan Nasional, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Simak 10 Rute Super Air Jet, Tarifnya Mulai dari Rp 252.000

Pihak Super Air Jet menghabiskan waktu sembilan bulan untuk melewati lima tahap yang mengacu pada ketentuan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Lima tahap yang dimaksud adalah pre-application, formal application, document compliance, demonstration & inspection, dan certification.

Tidak hanya itu, Super Air Jet telah mengantongi Surat Izin Usaha Angkutan Udara Berjadwal (SIUAU-NB) dengan Nomor SIUAU/NB-036.

Maskapai penerbangan tersebut memiliki kode penerbangan IU dari Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (IATA), SJV dari ICAO, dan PROSPER untuk kode panggil (call sign) di udara.

Persiapan penerbangan perdana

Pramugari Super Air Jet, maskapai baru yang berrencana melakukan penerbangan perdana dalam waktu dekat.dok. Super Air Jet Pramugari Super Air Jet, maskapai baru yang berrencana melakukan penerbangan perdana dalam waktu dekat.

Di fase awal, Super Air Jet akan mengoperasikan tiga armada Airbus 320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi.

Maskapai penerbangan tersebut juga tengah menyiapkan penerbangan perdana dengan rute-rute domestik sebelum nantinya merambah rute-rute internasional.

Baca juga: Resmi, Super Air Jet Kantongi Sertifikat Operator Penerbangan dari Kemenhub

“Super Air Jet didirikan atas dasar (rasa) optimis bahwa peluang pasar, khususnya kebutuhan penerbangan dalam negeri masih ada dan terbuka luas, ada permintaan yang sangat kuat dari masyarakat untuk perjalanan udara saat ini, terutama para milenial,” kata Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (30/6/2021).

Ari menambahkan, angkutan udara sangat dibutuhkan karena sesuai dengan kondisi geografis Indonesia.

10 rute penerbangan

Melansir dari Kompas.com, terdapat 10 rute penerbangan domestik yang akan dibuka oleh Super Air Jet.

Tarif termurah dimulai dari Rp 252.000 untuk rute penerbangan Jakarta-Palembang. Selain itu, juga ada rute Jakarta-Pontianak dengan tarif mulai dari Rp 385.000, Jakarta-Padang dengan tarif mulai dari Rp 440.000, dan Jakarta-Batam dengan tarif mulai dari Rp 429.000.

Super Air Jet juga melayani rute Jakarta-Lombok dengan tarif mulai dari Rp 416.000, Jakarta-Surabaya dengan tarif mulai dari Rp 384.000, Jakarta-Denpasar dengan tarif mulai Rp 426.000, dan Jakarta-Banjarmasin dengan tarif Rp 437.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com