Super Air Jet Resmi Terima Sertifikat Operator Penerbangan dari Kemenhub

Kompas.com - 30/06/2021, 22:09 WIB

KOMPAS.comMaskapai penerbangan swasta baru Super Air Jet telah resmi menerima Sertifikat Operator Penerbangan (Air Operator Certificate atau AOC) nomor 121-060.

Maskapai penerbangan berkonsep milenial serta berbiaya rendah ini diizinkan mengoperasikan pesawat udara dengan tujuan komersial.

Adapun persetujuan itu diberikan oleh Otoritas Penerbangan Nasional, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Simak 10 Rute Super Air Jet, Tarifnya Mulai dari Rp 252.000

Pihak Super Air Jet menghabiskan waktu sembilan bulan untuk melewati lima tahap yang mengacu pada ketentuan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).

Lima tahap yang dimaksud adalah pre-application, formal application, document compliance, demonstration & inspection, dan certification.

Tidak hanya itu, Super Air Jet telah mengantongi Surat Izin Usaha Angkutan Udara Berjadwal (SIUAU-NB) dengan Nomor SIUAU/NB-036.

Maskapai penerbangan tersebut memiliki kode penerbangan IU dari Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (IATA), SJV dari ICAO, dan PROSPER untuk kode panggil (call sign) di udara.

Persiapan penerbangan perdana

Pramugari Super Air Jet, maskapai baru yang berrencana melakukan penerbangan perdana dalam waktu dekat.dok. Super Air Jet Pramugari Super Air Jet, maskapai baru yang berrencana melakukan penerbangan perdana dalam waktu dekat.

Di fase awal, Super Air Jet akan mengoperasikan tiga armada Airbus 320-200 berkapasitas 180 kursi kelas ekonomi.

Maskapai penerbangan tersebut juga tengah menyiapkan penerbangan perdana dengan rute-rute domestik sebelum nantinya merambah rute-rute internasional.

Baca juga: Resmi, Super Air Jet Kantongi Sertifikat Operator Penerbangan dari Kemenhub

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.