Kompas.com - 02/07/2021, 07:32 WIB
Ilustrasi gunung - Pemandangan Gunung Ciremai dan persawahan. SHUTTERSTOCK / RULI FIRMAN AZIZIIlustrasi gunung - Pemandangan Gunung Ciremai dan persawahan.

 

KOMPAS.comGunung Ciremai di Kabupaten Kuningan dan Majalengka merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dan berdiri pada ketinggian 3.078 meter dari permukaan laut (mdpl).

Tidak heran jika banyak pendaki dari dalam maupun luar Jawa Barat, bahkan dari luar Pulau Jawa, bermimpi untuk mendakinya.

Baca juga: PPKM Darurat, TN Gunung Ciremai Tutup Seluruh Jalur Pendakian

Guna memudahkan perjalanan, kini calon pendaki bisa memanfaatkan layanan antar jemput menuju ke salah satu basecamp pendakian.

“Ini (layanan) baru. Kita kerja sama dengan pihak travel, tapi yang punya travel anak muda asli warga Linggajati. Dan ini inisiatif kami sendiri,” ungkap Ketua Ranger Basecamp Linggajati bernama Barna kepada Kompas.com, Kamis (1/7/2021).

Untuk diketahui, Gunung Ciremai memiliki empat jalur pendakian resmi yakni Palutungan, Linggasana, dan Linggajati di Kabupaten Kuningan, serta Apuy di Kabupaten Majalengka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pria yang akrab disapa Jamers tersebut melanjutkan, inisiatif tersebut merupakan langkah untuk menggerakkan pemuda setempat.

Baca juga: Cara Reschedule Pendakian Gunung Ciremai via Kuningan

Dia tidak menampik bahwa langkah tersebut merupakan upaya untuk membuat warga Linggajati semakin memiliki andil dalam bidang pariwisata, dalam hal ini transportasi untuk wisata pendakian.

“Betul sekali. Biar warga Linggajati, khususnya anak muda, bisa aktivitas. Jangan hanya bisa main games,” tutur Jamers.

Pendaki berfoto di pintu rimba Gunung Ciremai dari Base Camp Palutungan di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pendaki berfoto di pintu rimba Gunung Ciremai dari Base Camp Palutungan di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Bisa diantar ke basecamp mana saja?

Jamers mengatakan, meski inisiatif layanan antar jemput tersebut merupakan kerja sama dari Basecamp Linggajati, calon pendaki tidak harus turun di basecamp tersebut.

“Bisa ke basecamp lain juga. Soal harga menyesuaikan,” jelasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.