Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Gunung di Kabupaten Magelang yang Tutup Jalur Pendakian, Apa Saja?

Kompas.com - 02/07/2021, 13:17 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Sejak 29 Juni 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang memutuskan untuk menutup sementara seluruh tempat wisata hingga waktu yang belum ditentukan.

Melansir Kompas.com, Selasa, keputusan tersebut tertera dalam Surat Edaran (SE) Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang Nomor 556/477/19/2021.

Adapun, SE tersebut berisi tentang Pelaksanaan Gerakan Eling Ian Ngelingke untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Magelang.

Baca juga: 4 Tips Mendaki Gunung Andong pada Hari Libur

Munculnya SE tersebut membuat beberapa gunung di kabupaten tersebut menutup jalur-jalur pendakian bagi para sobat pendaki.

Lantas, apa saja gunung di Kabupaten Magelang yang menutup jalur pendakiannya? Berikut Kompas.com rangkum, Jumat (2/7/2021):

1. Gunung Andong

Gunung Andong menutup seluruh jalur pendakiannya per 29 Juni hingga waktu yang belum ditentukan sebagai tindaklanjut dari SE tersebut.

Untuk diketahui, gunung yang memiliki ketinggian 1.731 meter dari permukaan laut (mdpl) ini memiliki enam jalur pendakian resmi yakni via Dusun Sawit dan Dusun Pendem.

Puncak Gunung Andong, Jawa Tengah.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Puncak Gunung Andong, Jawa Tengah.

Ada juga jalur pendakian Gunung Andong via Dusun Gogik, Dusun Temu, Dusun Kudusan, dan Dusun Sekararum.

Penutupan seluruh jalur pendakian gunung ini diumumkan oleh pihak pengelola melalui akun Instagram @gunungandong pada Selasa (29/6/2021).

“Demi keselamatan pendaki dan local host serta untuk mencegah persebaran Covid-19, maka semua Jalur Pendakian @gunungandong tutup sampai batas yg blm di tentukan,” seperti yang tertera dalam unggahan tersebut.

Baca juga: Puncak Gunung Telomoyo di Jawa Tengah, Bisa Dicapai Naik Motor

2. Gunung Telomoyo

Telomoyo merupakan gunung yang lokasinya berada di dua kabupaten, yakni Kabupaten Magelang dan Semarang.

Puncak Gunung Telomoyo yang Bisa Dijangkau dengan Naik Sepeda Motor.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Puncak Gunung Telomoyo yang Bisa Dijangkau dengan Naik Sepeda Motor.

Saat ini, pendaki yang ingin menikmati pemandangan dari ketinggian 1.894 mdpl harus mengurungkan niat sejenak. Sebab, seluruh jalur pendakian Gunung Telomoyo ditutup.

“Betul (semua jalur pendakian) tutup,” kata Ketua Basecamp Arsal Eko Priyono, kepada Kompas.com, Jumat (2/7/2021).

Untuk diketahui, gunung ini memiliki tiga jalur pendakian yakni jalur pendakian Gunung Telomoyo via Arsal dan Watu Tumpeng di Kabupaten Semarang, serta via Ardat di Kabupaten Magelang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com