Kompas.com - 02/07/2021, 19:12 WIB
Seorang pendaki mengibarkan bendera merah putih di Gunung Prau. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYASeorang pendaki mengibarkan bendera merah putih di Gunung Prau.

 

KOMPAS.com – Seluruh jalur pendakian Gunung Prau akan ditutup pada 5-20 Juli 2021 seiringan dengan berlakunya PPKM Darurat di Jawa dan Bali pada 3-20 Juli.

Sekretaris Basecamp Pendakian Gunung Prau via Wates Achmad Afifudin mengatakan, selain mengacu pada kebijakan tersebut, penutupan juga berdasarkan aturan dari Perhutani.

“Iya tutup. Mengacu pada aturan PPKM (dan) mengacu pada surat (dari Perhutani),” tuturnya kepada Kompas.com, Jumat (2/7/2021).

Baca juga: Catatan Pendakian Gunung Prau via Igirmranak, Salah Satu yang Terindah

Adapun, surat Perhutani yang dimaksud adalah Surat Pengumuman Nomor 0475/043.7/KDU/2021 tentang Tindak Lanjut PPKM Darurat Jawa dan Bali.

Surat tersebut menyatakan, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara menutup seluruh daerah tujuan wisata yang berada dalam kawasan hutan Perum Perhutani KPH Kedu Utara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Terbang ke Jawa dan Bali Harus Bawa Kartu Vaksin Covid-19

Adapun, KPH Kedu Utara meliputi Kabupaten Magelang, Temanggung, Semarang, Wonosobo, dan Kendal. Lima kabupaten tersebut berada dalam Daerah Asesmen 3 yang menerapkan PPKM Darurat.

Kebijakan yang membuat tanggal penutupan berbeda

Meski PPKM Darurat di Jawa-Bali dimulai pada Sabtu (3/7/2021), Achmad mengungkapkan, terdapat kebijakan terkait tanggal penutupan jalur pendakian.

Baca juga: 6 Tips Mendaki Gunung Prau via Igirmranak, Siapkan Senter walau Siang

“Kita ada kebijakan karena surat baru turun sore ini. Kasihan yang sudah booking tiket, alat, dan sudah dalam perjalanan,” ucap dia.

Pemandangan yang indah di Gunung Prau.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pemandangan yang indah di Gunung Prau.

Adapun, kebijakan yang dimaksud adalah diundurnya tanggal penutupan untuk mengakomodasi para calon pendaki yang sudah terlanjur melakukan hal-hal yang disebutkan oleh Achmad.

Baca juga: 8 Hal yang Bakal Ditemui di Jalur Pendakian Gunung Prau via Dworowati

Bagi yang sudah memesan pendakian pada periode penutupan jalur, Achmad menjelaskan bahwa calon pendaki dapat melakukan pemesanan ulang dengan mengontak masing-masing basecamp.

Ramai pengumuman di Instagram

Gunung Prau merupakan sebuah gunung yang letaknya di empat kabupaten yakni Batang, Kendal, Temanggung, dan Wonosobo.

Gunung dengan tinggi 2.565 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut memiliki lima jalur pendakian yakni via Patak Banteng, Kalilembu, Igirmranak, Dieng, Dwarawati, dan Wates.

Baca juga: Naik Gunung Prau Bisa Lihat Gunung Sindoro dan Sumbing, Coba Lewat Igirmranak

Berdasarkan pantauan Kompas.com, masing-masing basecamp telah mengumumkan penutupan jalur melalui akun Instagram mereka.

Beberapa di antaranya adalah @basecamp_prau_igirmranak, @gunungprau_viawates, @prau_patakbanteng, dan @ranger_prau yang merupakan akun dari ranger Gunung Prau via Patak Banteng.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.