Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seluruh Jalur Pendakian Gunung Prau Tutup 5 Juli 2021

Kompas.com - 02/07/2021, 19:12 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Seluruh jalur pendakian Gunung Prau akan ditutup pada 5-20 Juli 2021 seiringan dengan berlakunya PPKM Darurat di Jawa dan Bali pada 3-20 Juli.

Sekretaris Basecamp Pendakian Gunung Prau via Wates Achmad Afifudin mengatakan, selain mengacu pada kebijakan tersebut, penutupan juga berdasarkan aturan dari Perhutani.

“Iya tutup. Mengacu pada aturan PPKM (dan) mengacu pada surat (dari Perhutani),” tuturnya kepada Kompas.com, Jumat (2/7/2021).

Baca juga: Catatan Pendakian Gunung Prau via Igirmranak, Salah Satu yang Terindah

Adapun, surat Perhutani yang dimaksud adalah Surat Pengumuman Nomor 0475/043.7/KDU/2021 tentang Tindak Lanjut PPKM Darurat Jawa dan Bali.

Surat tersebut menyatakan, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara menutup seluruh daerah tujuan wisata yang berada dalam kawasan hutan Perum Perhutani KPH Kedu Utara.

Baca juga: Terbang ke Jawa dan Bali Harus Bawa Kartu Vaksin Covid-19

Adapun, KPH Kedu Utara meliputi Kabupaten Magelang, Temanggung, Semarang, Wonosobo, dan Kendal. Lima kabupaten tersebut berada dalam Daerah Asesmen 3 yang menerapkan PPKM Darurat.

Kebijakan yang membuat tanggal penutupan berbeda

Meski PPKM Darurat di Jawa-Bali dimulai pada Sabtu (3/7/2021), Achmad mengungkapkan, terdapat kebijakan terkait tanggal penutupan jalur pendakian.

Baca juga: 6 Tips Mendaki Gunung Prau via Igirmranak, Siapkan Senter walau Siang

“Kita ada kebijakan karena surat baru turun sore ini. Kasihan yang sudah booking tiket, alat, dan sudah dalam perjalanan,” ucap dia.

Pemandangan yang indah di Gunung Prau.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pemandangan yang indah di Gunung Prau.

Adapun, kebijakan yang dimaksud adalah diundurnya tanggal penutupan untuk mengakomodasi para calon pendaki yang sudah terlanjur melakukan hal-hal yang disebutkan oleh Achmad.

Baca juga: 8 Hal yang Bakal Ditemui di Jalur Pendakian Gunung Prau via Dworowati

Bagi yang sudah memesan pendakian pada periode penutupan jalur, Achmad menjelaskan bahwa calon pendaki dapat melakukan pemesanan ulang dengan mengontak masing-masing basecamp.

Ramai pengumuman di Instagram

Gunung Prau merupakan sebuah gunung yang letaknya di empat kabupaten yakni Batang, Kendal, Temanggung, dan Wonosobo.

Gunung dengan tinggi 2.565 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut memiliki lima jalur pendakian yakni via Patak Banteng, Kalilembu, Igirmranak, Dieng, Dwarawati, dan Wates.

Baca juga: Naik Gunung Prau Bisa Lihat Gunung Sindoro dan Sumbing, Coba Lewat Igirmranak

Berdasarkan pantauan Kompas.com, masing-masing basecamp telah mengumumkan penutupan jalur melalui akun Instagram mereka.

Beberapa di antaranya adalah @basecamp_prau_igirmranak, @gunungprau_viawates, @prau_patakbanteng, dan @ranger_prau yang merupakan akun dari ranger Gunung Prau via Patak Banteng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com