3 Faktor Ini Pengaruhi Tingkat Kepercayaan Wisatawan Indonesia Terhadap Agen Perjalanan

Kompas.com - 04/07/2021, 08:31 WIB

KOMPAS.com – Survei dari platform travel niaga Travelport menguraikan tiga faktor yang mempengaruhi tingkat kepercayaan wisatawan Indonesia terhadap penyedia jasa perjalanan.

Tiga faktor yang dimaksud, yaitu langkah kesehatan dan keamanan untuk mencegah Covid-19, transparansi harga, dan kredibilitas informasi.

Baca juga: Survei: Minat Liburan Saat Pandemi Besar, Wisata Laut Jadi Incaran

Survei ini meliputi 11.000 pengguna jasa tersebut di 10 negara, termasuk 1.000 responden di Indonesia, pada 19-29 Maret 2021. 

Selain itu, survei ini dilakukan secara daring oleh lembaga riset dan analisis Edelman Data & Intelligence yang telah mempelajari tingkat kepercayaan selama lebih dari 20 tahun melalui Edelman Trust Barometer.

Pentingnya kepercayaan di industri perjalanan

Ilustrasi wisatawanShutterstock Ilustrasi wisatawan

Kepercayaan merupakan hal yang penting dalam industri perjalanan.

Sejak pandemi Covid-19 mewabah, 54 persen pengguna jasa perjalanan di Indonesia mengutamakan faktor kepercayaan saat memilih penyedia jasa perjalanan.

Persentase tersebut lebih tinggi dibandingkan responden di negara-negara lainnya.

Selain itu, faktor kepercayaan juga jadi bahan pertimbangan mereka untuk membeli penawaran jasa perjalanan lainnya (69 persen), menambah paket yang telah mereka beli (66 persen), dan membeli penawaran lainnya di luar perjalanan, seperti kartu kredit (51 persen).

Baca juga: Survei: Wisatawan Kurang Taat Protokol Kesehatan Saat di Hotel dan Mal

“Hasil survei ini juga mengungkapkan sejumlah isu penting bagi para pengguna jasa perjalanan. Oleh karena itu, industri perjalanan harus menggunakan kepercayaan yang telah diberikan dengan berusaha menjawab kebutuhan-kebutuhan konsumen tersebut, dan mempercepat pemulihan industri,” kata Presiden Direktur Galileo Indonesia Perdana Raymond Setokusumo dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (30/6/2021).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.