Kompas.com - 04/07/2021, 11:11 WIB

 

KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Lion Air kode penerbangan JT, Wings Air kode penerbangan IW, dan Batik Air kode penerbangan ID menyediakan layanan vaksin Covid-19 yang telah efektif sejak 3 Juli 2021.

Menurut rilis resmi yang Kompas.com terima dari Lion Air Group, Minggu (4/7/2021), layanan tersebut berlaku bagi setiap penumpang untuk rute penerbangan dari dan menuju Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

“Pelaksanaan di area Kedatangan Terminal 2 D-E pada 08.00-17.00 WIB,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro.

Baca juga: Lion Air dan Citilink dari Surabaya Dilarang Mendarat di Pontianak

Dia melanjutkan, fasilitas ini dilaksanakan melalui proses pemantauan dan pemeriksaan kesehatan oleh tenaga medis dengan menjaga protokol kesehatan dan keamanan Covid-19.

Syarat mendapat vaksinasi dari Lion Air Group

Jika ingin memanfaatkan layanan tersebut, berikut persyaratan dan ketentuan yang perlu diperhatikan:

  • Penumpang Lion Air Group menunjukkan tiket atau dokumen yang berisi informasi untuk masuk atau naik ke pesawat udara (boarding pass) yang masih berlaku
  • Penumpang dengan keberangkatan awal dari Bandara Soekarno-Hatta
  • Penumpang dengan tujuan akhir Bandara Soekarno-Hatta
  • Membawa dan menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin dosis pertama, apabila bagi penumpang yang akan melakukan vaksinasi dosis kedua
  • Usia minimum 12 tahun
  • Anak-anak usia tersebut harus didampingi orangtua atau pendamping dewasa
  • Membawa kartu identitas valid dan resmi seperti KTP asli, atau KK untuk anak yang belum memiliki kTP
  • Tetap menjalankan, memenuhi, mematuhi protokol kesehatan, menerapkan pola hidup sehat sebelum, saat, dan setelah proses vaksinasi
  • Disarankan menggunakan pakaian longgar dan mudah digulung karena tindakan penyuntikan vaksin akan dilakukan di bagian lengan
  • Bagi penumpang yang mempunyai riwayat terntetu, disarankan lebih dahulu konsultasi kepada dokter serta disarankan menerima vaksin setelah mendapatkan rekomendasi dari dokter

Baca juga: Lion Air: Rute Jakarta-Wuhan PP adalah Penerbangan Carter

“Demi kelancaran dan kenyamanan proses vaksin, setiap penumpang diharapkan datang empat jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan,” jelas Danang.

Ilustrasi: Lion Air KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARI Ilustrasi: Lion Air

Penyelenggaraan vaksin ini dilakukan oleh Lion Air Group ini merupakan bagian dari kampanye “Terbang itu Aman, Sehat, dan Menyenangkan” serta “Saya Sehat, Saya Siap Terbang”.

Setiap penumpang yang dinyatakan layak terbang dan dapat masuk ke dalam kabin pesawat untuk melakukan perjalanan udara telah melalui rangkaian pemeriksaan dokumen, barang bawaan, dan lainnya meliputi:

  • Penumpang menyerahkan surat keterangan hasil uji kesehatan Covid-19 dari instansi kesehatan yang ditunjukkan penumpang kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)
  • KKP memeriksa dan mengesahkan dari surat keterangan tersebut
  • Pemeriksaan keamanan pertama (security check point 1) oleh petugas aviation security pengelola bandara
  • Pemeriksaan keamanan kedua (security check point 2) oleh petugas aviation security pengelola bandara
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.