Kompas.com - 05/07/2021, 11:31 WIB

 

KOMPAS.com – Taman Nasional (TN) Alas Purwo ditutup selama PPKM Darurat di Jawa dan Bali diterapkan pada 3-20 Juli 2021.

Adapun, hal tersebut diumumkan melalui akun Instagram resmi mereka yakni @btn_alaspurwo pada Jumat (2/7/2021).

Taman Nasional Alas Purwo tutup sementara mulai tanggal 3-20 Juli 2021. Akan diinfokan kembali apabila ada perubahan atau perpanjangan,” seperti yang tertera dalam salah satu unggahan akun tersebut.

Baca juga: 4 Wisata Alam di Banyuwangi, dari Kawah Ijen hingga Alas Purwo

Lebih lanjut, penutupan tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Nomor SE 01/T.38/TU-5/KSA.3.1/07/2021 tentang Penutupan Kunjungan Wisata ke Kawasan TN Alas Purwo.

SE yang ditandatangani oleh Kepala Balai TN Alas Purwo Nuryadi mengatakan, pihaknya menutup tempat wisata tersebut guna mencegah penyebaran Covid-19.

Seluruh tempat wisata di Banyuwangi tutup

Senada dengan penutupan TN Alas Purwo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi mengeluarkan aturan untuk menutup seluruh tempat wisata di sana selama periode PPKM Darurat Jawa-Bali.

Pemandangan yang bisa dilihat di Hutan De Jawatan yang terletak di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur sekitar 45 kilometer dari pusat kota Banyuwangi. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pemandangan yang bisa dilihat di Hutan De Jawatan yang terletak di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur sekitar 45 kilometer dari pusat kota Banyuwangi.

Mengutip Kompas.com, Sabtu (3/7/2021), penutupan tertuang dalam SE Nomor 049/SE/STPC/2021 tentang PPKM Darurat Corona Kabupaten Banyuwangi.

Baca juga: Wisata Banyuwangi Tutup Selama PPKM Darurat, Pengelola Diminta Bersih-bersih

Dalam poin 12 SE tersebut, fasilitas umum meliputi area publik, taman umum, tempat wisata, tempat ziarah, kolam renang atau pemandian umum, dan area publik lain tutup sementara.

“Kebijakan pembatasan ini akan berjalan selama 3-20 Juli, ini harus jadi perhatian. Ini targetnya menurunkan konfirmasi harian. Banyuwangi masuk di dalam level tiga,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dalam rapat koordinasi dengan Satgas Covid-19 di Pendopo Banyuwangi, Sabtu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.