Kompas.com - 06/07/2021, 15:34 WIB

 

KOMPAS.com – Kabupaten Pacitan di Jawa Timur menutup seluruh tempat wisatanya selama PPKM Darurat di Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Andi Faliandra mengatakan, penutupan tersebut mencakup tempat wisata yang dikelola oleh swasta.

“Semua destinasi ditutup baik yang dikelola Dinas Parpora, pemerintah desa, atau swasta. Ditutup sementara mengacu PPKM Darurat dari tanggal 3 sampai 20 Juli 2021,” ungkapnya kepada Kompas.com, Selasa (6/7/2021).

Baca juga: Geliat Pariwisata Pacitan, Pantai Watu Bale Jadi Tempat Wisata Favorit

Menurut informasi dalam akun Instagram @disparporapacitan, penutupan tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati Pacitan Nomor 188.45/539/KTPS/408.12.2021 tentang PPKM Darurat di Kabupaten Pacitan.

Kendati seluruh tempat wisata ditutup, Andi menuturkan bahwa para pengelola tetap melakukan pembersihan tempat wisata.

“Selama libur, teman-teman pengelola destinasi yang dikelola pemerintah, desa, dan swasta melakukan penyemprotan disinfektan dan mengadakan bersih-bersih kawasan,” ujar dia.

Perekonomian masyarakat terpaksa berhenti

Seruling Samudera Pantai Klayar Pacitan.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Seruling Samudera Pantai Klayar Pacitan.

Andi mengungkapkan, meski mengikuti kebijakan PPKM Darurat di Jawa-Bali, namun pihaknya cukup prihatin dengan aturan tersebut.

Menurut dia, ditutupnya seluruh tempat wisata di Pacitan memberi dampak terhadap perekonomian warga di sana.

Baca juga: 3 Tempat Wisata di Sekitar Waduk Tukul Pacitan, Apa Saja?

“Ekonomi masyarakat yang mulai bergerak kembali, terhenti kembali,” ucapnya.

Walaupun begitu, Andi mengatakan bahwa ditutupnya seluruh tempat wisata merupakan keputusan terbaik saat ini untuk mengendalikan berkembangnya Covid-19 di Pacitan.

“Mudah-mudahan PPKM Darurat segera menghilangkan Covid-19 di Pacitan,” pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.