Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trafik Penumpang di Bandara AP I Menurun Akibat PPKM Darurat

Kompas.com - 06/07/2021, 19:41 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan mengatakan, terjadi penurunan trafik penumpang di bandara-bandara kelolaan AP I selama PPKM Darurat di Jawa dan Bali yang berlaku pada 3-20 Juli 2021.

Adapun, PPKM Darurat diterapkan di sektor transportasi melalui Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 45 Tahun 2021 dan SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 14 Tahun 2021.

Berdasarkan keterangan pers yang Kompas.com terima, Selasa (6/7/2021), penurunan terlihat sejak hari pertama diterapkannya kebijakan tersebut.

Baca juga: Syarat Perjalanan Udara dari Bandara AP I, Berlaku 5 Juli 2021

Dia mengungkapkan, pada 3-4 Juli, pergerakan penumpang mengalami penurunan dari 85.256 orang menjadi 73.214 orang. Sementara pada 5 Juli, trafik penumpang turun drastis menjadi hanya 25.035 pergerakan penumpang.

Trafik pada tangal tersebut berada jauh di bawah trafik rata-rata harian pada masa pandemi tahun ini yang sebesar 74.589 pergerakan penumpang perharinya.

“Penurunan ini tentu menjadi sinyal yang cukup baik bahwa kebijakan PPKM Darurat mampu menekan pergerakan masyarakat khususnya di sektor transportasi,” ujar Handy.

Kedatangan penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Humas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Kedatangan penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Trafik penumpang terbesar terjadi pada Juni 2021

Meski pada Juli trafik penumpang terjun bebas, namun pada bulan sebelumnya Handy mengatakan bahwa AP I mencatat jumlah pergerakan yang cukup besar.

Pada Juni, tercatat ada trafik penumpang sebesar 3.426.376 pergerakan penumpang di 15 bandara kelolaan AP I.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 49,6 persen dibanding trafik penumpang pada Mei yang hanya sebesar 2.290.250 pergerakan penumpang.

Berdasarkan jumlah tersebut, trafik penumpang pada Juni merupakan trafik bulanan tertinggi sejak Januari tahun ini.

Baca juga: Protokol Kesehatan Standar Global, Bandara AP I Dapat Stempel dari WTTC

Untuk trafik pesawat, Juni mencatat sebesar 33.752 pergerakan pesawat. Jumlahnya mengalami pertumbuhan sebesar 41,5 persen dibanding trafik pada Mei yang sebesar 23.837 pergerakan pesawat.

Trafik kargo pada bulan lalu sebesar 33.820.194 kilogram (kg), atau mengalami pertumbuhan sebesar 16,4 persen dibanding trafik pada Mei yang sebesar 29.051.471 kg.

“Peningkatan trafik penerbangan pada Juni lalu menunjukkan meningkatnya kepercayaan diri masyarakat untuk menggunakan transportasi udara pada masa pandemi,” jelas Handy.

Bandara Sentani di Papua.Dok. Shutterstock/ Akhmad Dody Firmansyah Bandara Sentani di Papua.

Trafik penumpang tertinggi ada di bandara apa?

AP I mengelola 15 bandara yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia yakni Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Kemudian Bandara Internasional Frans Kaisiepo Biak, Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, dan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo.

Lalu ada Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, Bandara Internasional El Tari Kupang, dan Bandara Sentani Jayapura.

Baca juga: Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Buka Layanan Vaksin Covid-19

Dari 15 bandara tersebut, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar mencatat trafik penumpang tertinggi pada Juni yang sebesar 780.028 pergerakan orang.

Posisi kedua dengan trafik penumpang sebesar 762.332 berhasil disabet oleh Bandara Internasional Juanda Surabaya, dan trafik penumpang tertinggi ketiga sebesar 463.557 ditempati oleh Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Dari seluruh data yang ada, total trafik penumpang pada paruh awal 2021 adalah sebesar 14.475.781 pergerakan. Sedangkan trafik pesawat sebesar 172.224 pergerakan penumpang, dan trafik kargo sebesar 203.829.696 kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com